Sukses

Jokowi Minta Milenial Ciptakan Teknologi Penggerak Ekonomi

Teknologi yang dihasilkan oleh para anak bangsa ini yang nantinya akan menjadi penggerak ekonomi Indonesia ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak generasi muda atau milenial untuk mengembangkan kreativitas khususnya dalam bidang teknologi dan inovasi. Sebab, sektor ini yang akan menjadi penggerak ekonomi Indonesia ke depan.

Hal tersebut dia ungkapkan saat memberikan sambutan di acara Ideafest 2018 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Saat mengunjungi sejumlah booth di pameran ini, Jokowi mengakut kaget melihat banyaknya produk teknologi yang‎ ternyata sudah mampu dihasilkan oleh anak bangsa.

"Saya langsung masuk ke pameran, saya terkaget-kaget banyak lompatan-lompatan, banyak loncatan-loncatan, yang semua dikelola, di-manage anak-anak muda, kaum milenial," ujar.

‎Menurut Jokowi, teknologi yang dihasilkan oleh para anak bangsa ini yang nantinya akan menjadi penggerak ekonomi Indonesia ke depan. Terlebih di tengah era digitalisasi dan revolusi industri ke-4.

"Dan saya meyakini yang menggerakkan Indonesia ke depan adalah saudara-saudara semuanya. Saya selalu ingin belajar, tapi kecepatan perubahan cepat sekali betul menurut McKinsey, kecepatan revolusi industri 4.0 itu lebih cepat 3.000 kali dibandingkan revolusi industri pertama," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Cuma Jadi Pasar

Oleh sebab itu, Jokowi berpesan agar para generasi muda terus meningkatkan kreativitasnya di bidang teknologi. Sehingga Indonesia tidak hanya menjadi pasar dari produk-produk teknologi yang diciptakan negara lain.

"Saya titip kita hati-hati, kita jangan ketinggalan. Saya yakin Ideafest adalah forum yang bicara invoasi dan teknologi, bicara visi-visi ke depan basis teknologi, menyusun strategi ide, gagasan agar menjadi sebuah kenyataan," kata Jokowi.

"Saya tahu, saya merasakan bahwa di hadapan saya ini adalah orang-orang yang akan menggerakkan itu menjadi sebuah kenyataan," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.