Sukses

Proyek Tol Cinere-Serpong Raih Dana Pinjaman Rp 950 Miliar

Jalan Tol Cinere-Serpong memiliki panjang 10,14 km dan ditargetkan beroperasi penuh di tahun 2019.

Liputan6.com, Jakarta PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperoleh kredit sindikasi dana talangan tanah sebesar Rp 950 miliar. Dana sindikasi ini untuk mempercepat proyek Jalan Tol Cinere-Serpong. 

Penandatanganan kredit sindikasi tersebut berlangsung di kantor pusat Jasa Marga, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Penandatanganan ini dilakukan langsung Direktur PT CSJ Silvester Aryan Widodo, Senior Vice President PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Yusak Labanta Sudena Silalahi, Wakil Kepala Divisi Bisnis BUMN 1 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Suyitno, Wakil Pemimpin Divisi BUMN dan Instansi Pemerintah PT Bank Negera Indonesia (Persero) Tbk Erza Ruslan, dan Executive VP Corporate Banking PT Bank Central Asia (Persero) Tbk Yuli Melati Suryaningrum.

Direktur Utama PT CSJ Silvester Aryan Widodo mengatakan, pinjaman dana talangan tanah ini diperlukan perusahaan, untuk pembebasan lahan (UGR) maupun reimbursement dana talangan tanah ke pemegang saham.

“Total dana yang direncanakan untuk pembebasan lahan adalah Rp 3,1 triliun. Hal ini sesuai dengan Perjanjian PPJT antara PT CSJ dengan BPJT,” ungkap Silvester dalam keterangannya, Rabu (26/9/2018).

Dia menuturkan, pihaknya juga sedang memproses uang ganti rugi (UGR) yang diharapkan bisa dilakukan pembayaran pada Oktober dan November 2018.

Selain itu, adanya tambahan pengadaan lahan yang saat ini sedang dihitung oleh PN dan PPK.

Tambahan lahan ini diperlukan untuk kebutuhan di interchange dan pembangunan jembatan yang selanjutnya akan dilakukan amandemen PPJT terhadap tambahan lahan tersebut. Diharapkan, tambahan pengadaan lahan ini dapat selesai pada bulan Desember ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Detail Proyek

Jalan Tol Cinere-Serpong memiliki panjang 10,14 km dan ditargetkan beroperasi penuh di tahun 2019. Adapun Jalan Tol Cinere-Serpong terbagi dalam dua seksi, yaitu, Seksi 1 Ruas Serpong Junction-Pamulang Interchange sepanjang 6,5 km yang ditargetkan selesai akhir Maret 2019.

Sedangkan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 km, ditargetkan selesai akhir Juni 2019 dan diharapkan segera tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3.

Proses pembangunan proyek Jalan Tol Cinere-Serpong ini terus menunjukkan kemajuan. Terbukti hingga awal September 2018, pembebasan lahan proyek ini telah mencapai sekitar 70 persen, sedangkan konstruksinya lebih dari 40 persen.

Jalan Tol Cinere-Serpong, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2, rencananya akan menghubungkan Tangerang Selatan dengan Kota Depok. Jalan Tol Cinere-Serpong akan melintasi beberapa kawasan, seperti Jombang, Ciputat, Pamulang, Pondok Cabe, dan Cinere.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.