Sukses

Butuh 100 Pegawai Baru, BMKG Buka Lowongan CPNS 2018

Pelamar CPNS di BMKG harus mempersiapkan dokumen persyaratan yang akan diunggah saat pendaftaran dalam laman https://sscn.bkn.go.id.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018. Pada tahun ini, BMKG membuka penerimaan untuk 100 formasi.

"Menunjuk Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 88 Tahun 2018, BMKG membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia pria dan wanita yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi CPNS yang akan ditugaskan di unit kerja Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika," seperti dikutip dari laman bmkg.go.id, Jumat (21/9/2018).

Dari 100 formasi, BMKG mengalokasikan 10 formasi untuk cumlaude dan 2 formasi untuk disabilitas. Untuk putra/putri Papua dan Papua Barat dialokasikan sebanyak 6 formasi dan untuk umum sebanyak 82 formasi.

Jabatan yang yang dicari antara lain analis kerjasama, analis kerjasama luar negeri, analis organisasi dan tata laksana, arsiparis ahli pertama, auditor ahli pertama, dosen asisten ahli, peneliti ahli pertama, pengamat meteorologi dan geofisika ahli pertama, pengamat meteorologi dan geofisika terampil.

Kemudian, pengelola keuangan, perancang peraturan perundang-undangan ahli pertama, perekayasa ahli pertama, perencana ahli pertama, dan pranata humas ahli pertama.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tata Cara Pendaftaran

1. Pelamar mempersiapkan dokumen persyaratan yang akan diunggah saat pendaftaran dalam laman https://sscn.bkn.go.id antara lain :

a) Scan Surat lamaran ditujukan kepada Kepala BMKG di Jakarta. diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6000 dan ditandatangani dengan tinta hitam (format surat lamaran dapat diunduh di laman httgs://sscn.bkn.go.id)

b) Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

c) Scan Asli Ijazah dan Transkrip Nilai sesuan dengan ketentuan. Bagi lulusan luar negeri, ijazah dan transkrip nilai yang diunggah harus dilengkapi dengan surat penyetaraan ijazah dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Dokumen yang diunggah dalam bentuk 1 file (multipage)

d) Scan Asli Akreditasi Program Studi pada saat ijazah dikeluarkan dari BAN-PT/Universitas/Fakultas atau screenshot Informasi akreditasi dari website BAN-PT pada saat kelulusan.

e) File Pas Photo berlatar belakang warna merah berukuran 4 x 6

f) Scan Surat pernyataan yang diketik dengan menggunakan komputer, bermaterai Rp 6000,dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam (format surat pernyataan dapat diunduh di laman: httgs://sscn.bkn.go.id)

g) Scan Asli persyaratan untuk Formasi Lulusan Terbalk antara Iain :- Surat Keterangan Lulus dengan pujian atau cumlaude sekurang-kurangnya oleh Dekan atau yang sederajat:- Akreditasi Universitas pada saat ijazah dikeluarkan dari BANPT/Universitas- Dokumen yang dlunggah, dalam bentuk 1 file (multipage).

h) Scan Asli persyaratan untuk Formasi Putra Putri Papua dan Papua Barat antara Iain :- Surat Akta Kelahiran Surat Keterangan Lahir- Surat Keterangan Putra Putri Papua/Papua Barat dari Desa/Kepala Suku setempat- Dokumen yang duunggah. dalam bentuk 1 file (multipage).

i) Scan Asli persyaratan untuk Formasi Disabilitas:-Surat Keterangan Dokter yang menerangkan tingkat disabilitasnya (format surat dapat drunduh di laman httgs://sscn.bkn.go.id)

 

3 dari 3 halaman

Tata Cara Selanjutnya

2. Pelamar kemudian melakukan pendaftaran dan pengunggahan dokumen secara online melalui situs httgs://sscn.bkn.go.id‎ dengan menggunakan Nomor lnduk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) I Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga

3. BMKG akan melaksanakan seleksi di 6 lokasi, yang dapat dipilih pada saat pendaftaran sesuai dengan lokasi terdekat pelamar. antara lain :- Jakarta- Palembang- Banjarmasin- Kupang- Makassar- Jayapura

4. Panitia seleksi CPNS BMKG hanya menerima pendaftaran secara online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.