Sukses

Mau Kerja di Kemenpar? Ada 86 Formasi CPNS 2018 yang Dibuka

Kementerian Pariwisata membuka 86 formasi CPNS 2018. Apa saja posisi dan persyaratannya?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang tertarik berkarier di Kementerian Pariwisata (Kemenpar), segera persiapkan diri terbaik Anda karena Kemenpar turut membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018.

Kemenpar membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi CPNS yang akan ditugaskan di lingkungan Kemenpar. Pendaftaran CPNS 2018 Kemenpar dibuka mulai 26 September-8 Oktober 2018.

Kali ini, Kemenpar membuka lowongan CPNS sebanyak 26 posisi serta mengalokasikan sebanyak 86 formasi dengan rincian cumlaude 10, putra/putri Papua 2, disabilitas 2, dan umum 72.

Dikutip dari laman Kemenpar, Kamis (20/9/2018), berikut ini alokasi penempatan, jabatan, persyaratan pelamaran, jadwal seleksi, serta tata cara pendaftaran CPNS 2018 Kemenpar:

Unit Kerja yang Mendapatkan Alokasi Formasi (Alokasi Penempatan)

1. Sekretariat Kementerian

2. Deputi Bidang Pengembangan lndustri dan Kelembagaan

3. Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata

4. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I

5. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II

6. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

7. Sekolah Tinggi Pariwasata Nusa Dua Bali

8. Politeknik Pariwisata Medan

9. Politeknik Pariwasata Makasar

10. Politeknik Pariwisata Lombok

11. Politeknik Pariwisata Palembang

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Jabatan dan Kualifikasi Pendidikan

Kemenpar membuka 26 jabatan, yaitu:

1. Analis Berita

2. Analis Data dan Informasi

3. Analis Hukum

4. Analis Sistem Informasi dan Jaringan

5. Analis Kebijakan Ahli Pertama

6. Analis Kelembagaan

7. Analis Kepegawaian Ahli Pertama

8. Analis Kerjasama

9. Analis Keuangan

10. Analis Manajemen Resiko

11. Analis Organisasi dan Tata Laksana

12. Analis Pariwisata

13. Analis Pasar

14. Analis Pengembangan SDM Aparatur

15. Analis Perencanaan

 

3 dari 8 halaman

Jabatan Lainnya

16. Analis Publikasi

17. Dosen Asisten Ahli

18. Penerjemah Ahli Pertama

19. Pengelola Laboratorium

20. Penyusun Bahan Kebijakan

21. Penyusun Promosi dan Kerjasama

22. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana

23. Statistisi Ahli Pertama

24. Pranata Komputer Ahli Pertama

25. Perancang Sistem Informasi Kepegawaian

26. Auditor Ahli Pertama

Untuk kualifikasi pendidikan tiap jabatan dapat dilihat di sini 

4 dari 8 halaman

Persyaratan Pelamaran

Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.

3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.

5. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

Persyaratan Khusus

1. Berijazah Magister/Master (S2), Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D.IV) dan Diploma (D.III) sesuai dengan nama jabatan yang dipilih pelamar (Surat Keterangan Lulus (SKL) atau ljazah Sementara TIDAK BISA digunakan dalam pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018).

2. Lulusan Perguruan Tinggi dan/atau program studi terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat penyetaraan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dengan persyaratan lndeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal:

a. Pelamar formasi umum lulusan S2 sebesar 3,25;

b. Pelamar formasi umum lulusan S1/D.IV sebesar 3,00;

c. Pelamar formasi umum lulusan D.III sebesar 3,00;

3. Bagi calon pelamar dengan formasi Cumlaude dari Perguruan Tinggi Luar Negeri diharuskan melampirkan surat penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan cumlaude/pujian dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

5 dari 8 halaman

Persyaratan Lainnya

 

4. Berusia serendah-rendahnya 21 tahun pada tanggal 1 September 2018 dan untuk:

a. Pelamar D.III setinggi-tingginya 32 tahun pada saat melamar;

b. Pelamar S1/D.IV setinggi-tingginya 32 tahun pada saat melamar;

c. Pelamar S2 setinggi-tingginya 35 tahun pada saat melamar;

5. Pelamar formasi disabilitas berusia setinggi-tingginya 35 tahun pada saat melamar.

6. Memiliki nilai kemampuan Bahasa lnggris yang dibuktikan melalui sertifikat dengan nilai minimal skor TOEFL Paper (min. 500) atau IELTS (min. 5) yang diterbitkan dari lembaga internasional/lembaga bahasa perguruan tinggi/lembaga pendidikan bahasa lnggris (sertifikat dari tes yang sesungguhnya dengan ketentuan penerbitan sertifikat skor adalah setelah tanggal 31 Agustus 2017). Pelamar dengan formasi khusus Putera/Puteri Papua dan Papua Barat nilai minimal skor TOEFL Paper (min. 400) atau IELTS (min. 4)

7. Bagi calon pelamar pada jabatan Dosen Asisten Ahli dengan kualifikasi pendidikan S2, mempunyai latar belakang pendidikan D-III/D-IV/S-1 Kepariwisataan/Vokasi Kepariwisataan.

8. Bagi calon pelamar dari penyandang disabilitas wajib melampirkan surat keterangan dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya.

9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku (dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).

10. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah setempat dan wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)

11. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).

12. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan membuat surat pernyataan bersedia ditugaskan di tempat yang telah ditentukan sesuai dengan kebijakan.

13. Setiap pelamar mendaftar hanya untuk satu formasi, nama jabatan, dan kualifikasi pendidikan.

6 dari 8 halaman

Jadwal Seleksi

1. Pengumuman penerimaan: 19 September 2018

2. Pendaftaran Online (http://sscn.bkn.go.id): 26 September - 8 Oktober 2018

3. Verifikasi berkas lamaran: 26 September - 13 Oktober 2018

4. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 15 Oktober 2018

5. Cetak nomor ujian secara online: 16-17 Oktober 2018

6. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): 23 Oktober - 2 November 2018

7. Pengumuman Hasil SKD: 5 November 2018

8. Seleksi Kompetensi Bidang (CAT/Praktek Kerja/Penulisan Makalah Wawancara): 12- 22 November 2018

9. lntegrasi nilai SKD dan SKB: 23 - 28 November 2018

10. Pengumuman Kelulusan Akhir secara online: 29 November 2018

11. Pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus pada Pengumuman Kelulusan Akhir: 3 - 7 Desember 2018

7 dari 8 halaman

Tata Cara Pendaftaran

Pelamar dengan Kualifikasi Pendidikan Diploma (D.III), Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D.IV), dan Magister (S2):

1. Dokumen persyaratan terdiri dari:

a. Surat lamaran ditujukan Kepada Menteri Pariwisata di Jakarta, tulis tangan, bermaterai Rp 6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat lamaran dapat diunduh di laman : https://sscn.bkn.go.id atau www.kemenpar.go.id ).

b. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

c. ljazah dan Transkrip Nilai ljazah pendidikan terakhir yang disahkan dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang: Rektor/Dekan/Ketua/Direktur, dan stempel basah (bukan stempel fotocopy), dan ljazah dan Transkrip Nilai pendidikan D-III/D-IV/S-1 bagi pelamar kualifikasi pendidikan S-2

d. Surat keterangan dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya bagi pelamar formasi disabilitas (format Surat Keterangan dapat diunduh di laman: https://sscn.bkn.go.id atau www.kemenpar.go.id ).

e. Surat Pernyataan Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6.000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam (format surat pernyataan dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id atau www.kemenpar.go.ig)

f. Sertifikat TOEFL atau IELTS.

g. Pas foto berlatar belakang warna merah dengan ketentuan wajah terlihat jelas dan berpakaian formal.

8 dari 8 halaman

Selanjutnya

2. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman: https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor lnduk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ Nomor lnduk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

3. Seluruh dokumen persyaratan diunggah dalam format PDF (kecuali pas foto dalam format JPEG). Semua dokumen yang diunggah/upload agar dipastikan dapat terbaca dengan jelas dan tidak blur.

4. Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 26 September 2018 s.d. 8 Oktober 2018 (ditutup pukul 23.59 WIB).

s. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara online melalui laman: http://sscn.bkn.go.id dimulai pada tanggal 16 Oktober 2018 s.d. 17 Oktober 2018.

Untuk melihat Format Surat Lamaran, Format Surat Pernyataan, Format Surat Keterangan Disabilitas, Surat Keterangan Putra/Putri Papua, dan Rincian Formasi dapat dilihat di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini