Sukses

Bank Sentral Turki Dongkrak Suku Bunga Acuan Jadi 24 Persen

Kenaikan suku bunga acuan itu mendorong mata uang Turki lira melompat lebih dari dua persen

Liputan6.com, Jakarta - Bank sentral Turki menaikkan suku bunga acuan menjadi 24 persen. Suku bunga acuan itu naik 625 basis poin (bps) dari sebelumnya 17,75 persen.

Kenaikan suku bunga acuan itu mendorong mata uang Turki lira melompat lebih dari dua persen. Suku bunga acuan yang naik itu melebihi harapan pasar dengan kenaikan 300-400 basis poin.

Langkah bank sentral Turki itu mendorong lira menguat hingga sentuh level tertinggi 6,00 terhadap dolar Amerika Serikat (AS). 

Bank sentral Turki menaikkan suku bunga acuan 625 basis poin termasuk terbesar dalam 15 tahun pemerintahan Turki di bawah pimpinan Presiden Turki Tayyi Erdogan. Kenaikan suku bunga ini juga mengurangi kekhawatiran investor atas pengaruh Erdogan pada kebijakan moneter. Seperti dikutip dari laman Reuters, Jumat (14/9/2018).

Keputusan bank sentral Turki itu terjadi meski Erdogan menentang terhadap suku bunga tinggi sebelumnya. Ia menuturkan, inflasi tinggi merupakan hasil dari langkah-langkah bank sentral yang salah.

Krisis mata uang Turki telah didorong kekhawatiran tentang pengaruh Erdogan pada kebijakan moneter. Akan tetapi, sentimen pertikaian diplomatik Turki dan AS juga turut mempengaruhi.

"Sangat menyenangkan untuk melihat akal sehat yang berlaku. Kenaikan suku bunga di Turki memulihkan kredibilitas kebijakan moneter, dan itu sangat penting," ujar Head of Emerging Market Aberdeen Standard Invesments, Brett Diment.

Sementara itu, data ekonomi Turki lainnya meninjukkan inflasi mencapai 17,9 persen pada Agustus 2018. Level itu tertinggi sejak akhir 2003. Hal itu mendorong bank sentral untuk menyesuaikan posisi moneternya pada pertemuan September dalam hadapi risiko signifikan terhadap kestabilan harga.

Bank sentral mengatakan masih ada potensi kenaikan risiko terhadap prediksi inflasi Turki meski kondisi permintaan domestik melemah. "Dengan demikian, komite memutuskan untuk menerapkan pengetatan moneter yang kuat dalam stabilkan harga,".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lira Menguat

Lira pun menguat tiga persen menjadi 6,18 terhadap dolar AS usai diperdagangkan 6,41. Mata uang lira Turki melemah 38 persen terhadap dolar AS.

Analis Credit Agricole, Guillaume Tresca menuturkan, ekonomi perlu melambat karena terlalu overheating. Kenaikan suku bunga pun diperlukan untuk kurangi depresiasi lira.

"Jelas itu akan memiliki konsekuensi negatif pada ekonomi. Akan tetapi saya mengatakan, itu kurang penting jika Anda memiliki hard landing dari pada perusahaan besar default karena depresiasi lira dan inflasi," kata dia.

Sementara itu, Piotr Matys, Analis Rabobank menuturkan, bank sentral telah mengambil langkah yang menentukan untuk memulih kepercayaan pada lira.

Selain itu, Turki juga perlu selesaikan perselisihan dengan Amerika Serikat yang mendorong lira ke rekor terendah pada bulan lalu. Matys juga menilai, Turki juga perlu seimbangkan kembali ekonomi dari proyek infrastruktur yang besar dan belanja konsumen.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.