Sukses

Ingin Ekonomi Tumbuh 6 Persen, Kredit Harus Digenjot Minimal 16 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyebutkan masih banyak tantangan bagi perekonomian Indonesia untuk bisa tumbuh minimal 6 persen. Salah satunya dari sisi pertumbuhan kredit.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Onny Wijanarko menyebtukan meski pertumbuhan kredit ditargetkan double digit, namun dinilai belum cukup.

"Kalau mau ekonomi kita tumbuh 6 persen, kredit itu minimal harus tumbuh 16 persen. Kondisi saat ini kalau digenjot maksimal bisa tumbuh 13,5 persen sampai 2023," kata Onny di Gedung Bank Indonesia, Kamis (13/9/2018).

Menurut Onny, ada hal yang harus dioptimalkan dalam penopang pertumbuhan ekonomi selain dari kredit perbankan. Yaitu memaksimalkan, yaitu pengembangan digital ekonomi.

Saat ini, literasi keuangan masyarakat Indonesia masih rendah. Untuk itu melalui digital ekonomi dengan memanfaatkan Fintech ini dapat menutup gap dari sektor perkeditan.

"Banyak nasabah yang tidak teralayani bank, Fintech bisa masuk ke situ. Kalau bisa gerakkan digital landing Indoensia sampai 2023, bisa berkontribusi 2,5 persen," ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

Sektor Potensial

Mengenai sektor yang potensial, menurut Onny sektor UMKM bisa menjadi peluang bagi digital landing. Saat ini jumlah UMKM di Indonesia berjumlah 56,9 juta, dimana 98 persen masih tak tersentuh perbankan dan butuh pendanaan modal untuk naik kelas.

Perkembangan mengenai digital ekonomi ini nantinya juga menjadi bahan dalam Annual Meeting IMF/World Bank yang akan dilaksanakan di Nusa Dua, Bali pada Oktober 2018.

Diharapkan, hasil pembahasan dalam pertemuan di Bali nanti, bisa membantu percepatan Indonesia dalam pengembangan Fitntech. Karena Indonesia bermimli menjadi ekonomi digital terbesar di ASEAN. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Fitch Tetapkan Indonesia Investment Grade, Ini Kata Gubernur BI
Artikel Selanjutnya
Akibat Wabah Virus Corona, Dana Asing Rp 980 Miliar Kabur dari Indonesia