Sukses

Jokowi Kaget Saat Gibran Pilih Jual Martabak Ketimbang Mewarisi Pabrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara inspiratif Young On Top National Conference pada Sabtu, 25 Agustus 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara inspiratif Young On Top National Conference yang diselenggarakan di Kartini Expo Center, Balai Kartini, Sabtu (25/8/2018), Jakarta.

Dalam acara bertema #terusMENGINSPIRASI, Jokowi membahas tantangan revolusi industri 4.0, beragam perkembangan teknologi, dan peran anak muda.

"Yang bisa menghadapi ini hanya anak muda," tegas Jokowi.

Saat membahas dunia bisnis, Jokowi bercerita kekagetannya saat sang anak sulung memutuskan berbisnis martabak. Padahal, Gibran Rakabuming Raka seharusnya dapat meneruskan pabrik kayu Jokowi.

 

"Waktu anak saya yang pertama ngomong ke saya," Pak sekarang saya jual martabak." Saya kaget saat itu. Saya kaget dia jualan martabak," kenang Jokowi.

Meski kaget atas keputusan itu, Jokowi tidak pesimistis. Ia memilih menyemangati anaknya untuk mendirikan bisnis sendiri.  "Lakukan," tegas Jokowi pada putranya.

Uniknya, Jokowi tidak kaget saat putra keduanya memilih jualan pisang goreng. "Kaesang, jualan pisang goreng tak kaget," ucap dia disambut tawa hadirin.

Alhasil, kedua putra Jokowi tidak ada yang meneruskan pabrik milik Jokowi. Padahal, pabriknya masih ada.

"Nerusin pabrik (mereka) enggak mau. Sampai sekarang pabrik masih ada; kayu, dan mebel-mebel. Tidak mau. Maunya jual pisang goreng, martabak,” tutur dia.

Pada akhirnya, Jokowi percaya pada pilihan putra-putranya yang memutuskan berdiri sendiri, dan atas pilihan bisnis masing-masing. "Jadi dirinya sendiri. Silahkan," ujar Jokowi.

 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Hadiri Konferensi Anak Muda di Balai Kartini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam acara bertajuk 'Young On Top National Conference (YOTNC)', yang diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (25/8/2018).

Jokowi dijadwalkan akan membuka secara resmi acara ini. Turut hadir mendampingi Jokowi, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM, Thomas Lembong, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf.

Kehadiran Jokowi menyita perhatian dan antusiasme peserta YOTNC. Hal ini tampak dari sambutan meriah para peserta ketika Mantan Walikota Solo hadir di tempat acara.

"Telah hadir Bapak Presiden Joko Widodo," ungkap pemandu acara yang langsung disambut dengan tepuk tangan yang meriah.

Pantauan Merdeka.com, Jokowi yang tampil mengenakan baju putih tersebut juga larut dalam antusiasme peserta.

Beberapa kali Jokowi yang tampak berhenti sejenak untuk melayani permintaan peserta yang ingin berswafoto dengannya.

Untuk diketahui YOTCN merupakan kegiatan tahunan berskala nasional yang diadakan oleh PT Young On Top Inspirasi Nusantara. 

Ajang ini, merupakan wadah berbagi pengalaman antara praktisi bisnis dengan para calon pebisnis, khususnya generasi muda. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan masukan bagi generasi muda dalam meniti masa depannya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.