Sukses

Pesan Menhub Saat Rayakan Idul Adha

Menteri Perhubungan Budi Karya memaknai Idul Adha sebagai momen berbakti bagi negara.

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim merayakan Idul Adha pada Rabu (22/8/2018). Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi me‎nafsirkan, Lebaran tersebut sebagai bentuk pengorbanan.

Budi mengatakan, Idul Adha yang identik dengan kurban hewan, dapat diimplementasikan dengan semangat individu dalam berkorban untuk negaranya.

"Kalau Idul Adha identik dengan pengorbanan, dalam konteks individu terhadap bangsa harus ada visi berkurban, tanpa pengorbanan kita tidak ada semangat, tidak ada ruhnya," kata Budi, di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Rabu (22/8/2018).

Budi menuturkan, makna Idul Adha cocok dikaitkan dengan berbakti bagi negara. Hal tersebut dia kaitkan dengan pertandingan olahraga Asian Games 2018 yang saat ini sedang berlangsung.

"Jadi saya melihat Idul Adha cocok ingin berbakti bagi negara. Makna kita saat ini kita ingin bersaing juga di Asian Games, pengorbanan itu bagian yang penting bagi kita semua," tutur dia.

Budi mengaku, tahun ini berkurban hewan. Namun, dia menyerahkan proses pemotongan hewanya pada petugas di Masjid Istiqlal. "Kurban di istiqlal, saya sudah serahkan biar dipotong di sana saja," kata dia.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makna Idul Adha bagi Menko Darmin

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Al-Hakim, Graha Sucofindo, Jakarta Selatan, Rabu (22/8/2018).

Darmin datang ke rumah ibadah tersebut bersama sang istri dengan mengendarai mobil milik pribadinya.

Dari pantauan merdeka.com, salat Idul Adha berlangsung sekitar 06.50 WIB, dilanjutkan dengan khotbah.

Tak lama berselang, yakni sekitar 07.45 WIB, jemaah meninggalkan masjid. Saat keluar halaman masjid, Darmin tampak terlihat mengenakan pakaian serbaputih.

Mulai dari kopiah, baju, hingga celana. Sementara istrinya memakai gamis berwarna abu-abu dibalut dengan kerudung berwarna hitam.

Di sekitar halaman masjid, terlihat Darmin juga menyempatkan diri bercengkerama dengan warga sekitar yang juga salat di tempat yang sama.

Saat didatangi beberapa awak media, Darmin mengungkapkan makna Idul Adha. Menurut dia, bagi dirinya yang tidak melaksanakan ibadah haji, salat Idul Adha ini menjadi suatu hal yang harus dilakukan.

"Momen, salat Idul Adha buat kami yang tidak pergi naik haji ya salat," kata Darmin saat ditemui di pelataran Masjid Al-Hakim, Graha Sucofindo, Jakarta Selatan.

Di sisi lain, momen Idul Adha bagi Mantan Gubernur Bank Indonesia ini juga dijadikan tempat untuk berkumpul bersama keluarga.

"(Berkumpul dengan keluarga?) ya kami tidak terlalu ada juga cuma tidak sampai seperti Lebaran yang benar-benar kumpul kami juga pergi ke sana ke mari ke keluarga," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Budi Karya Sumadi dipercaya Presiden Joko Widodo menduduki kursi Menteri Perhubungan
    Budi Karya Sumadi dipercaya Presiden Joko Widodo menduduki kursi Menteri Perhubungan

    Budi Karya Sumadi

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha