Sukses

Nyawa Jadi Taruhan, Bayaran Stuntman Bisa Miliaran Rupiah

Dengan risiko cedera bahkan bertaruh nyawa, tak heran jika penghasilan para pemeran pengganti sangat menggiurkan.

Liputan6.com, Jakarta- Nama Suddum So (Saddum) menjadi sorotan karena disebut-sebut sebagai pemeran pengganti (stuntman) Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika melakukan aksi free style dengan Yamaha FZ1 untuk upacara pembukaan Asian Games 2018.

Profesi sebagai stuntman di dunia hiburan memang sudah banyak bertebaran. Biasanya mereka melakukan aksi-aksi berbahaya yang tak dilakukan langsung oleh para selebritas.

Dengan risiko cedera bahkan bertaruh nyawa, tak heran jika penghasilan para stuntman tak bisa dipandang sebelah mata.

Dikutip dari Job Monkey, Senin, 20 Agustus 2018, gaji seorang stuntman untuk mereka yang bekerja di Amerika Serikat (AS) rata-rata mencapai US$ 70 ribu atau Rp 1,02 miliar per tahun.

Namun untuk stuntman newbie yang belum punya nama, seorang pemeran pengganti mendapatkan bayaran sebesar US$ 5.000 (Rp 72,92 juta) per tahun.

Penghasilan para stuntman memang bervariasi tergantung tingkat kesulitan aksi yang dilakukannya. Seorang stuntman bisa mendapatkan bayaran tertinggi sebesar US$ 250 ribu sekitar Rp 3,64 miliar per tahun.

Malah, ada seorang pemeran pengganti yang dibayar US$ 150 ribu (Rp 2,18 miliar) hanya untuk lompat dari CN Tower di Kanada. Sekadar informasi, ketinggian gedung ini mencapai 533 meter. Kamu bisa melakukannya?

Tapi, kok, bayaran seorang stuntman besar banget, ya?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Pekerjaan Sembarangan

Orang yang cocok bekerja sebagai seorang pemeran pengganti ini sebenarnya adalah orang yang punya passion yang tinggi dan suka dengan tantangan. Kalau perlu, yang membuat adrenalinnya terpacu.

Pekerjaan ini mewajibkan seorang pemeran pengganti “berakting” untuk menggantikan pemeran-pemeran film yang melakukan adegan berbahaya. Misalnya, kebut-kebutan dengan supercar atau lompat dari gedung yang tinggi.

Aksi ini sukses “memoles” penampilan aktor/aktris menjadi ciamik di film laga. Pekerjaan mereka juga tidak sembarangan. Setiap aksi tentu sudah diperhitungkan matang-matang, seperti direncanakan, dipraktikkan, dan dikaji. Mereka juga membuat aksinya seaman mungkin.

 

3 dari 3 halaman

Mau Jadi Stuntman?

Tak ada syarat pendidikan tertentu untuk menjadi seorang pemeran pengganti. Jika berminat untuk mengasah keterampilan sebagai seorang pemeran pengganti, kamu bisa mengasah keterampilan di sekolah stuntman, misalnya International Stunt School.

Di sana, seseorang bisa belajar tentang keterampilan mengemudi, seni bela diri, dan belajar caranya “jatuh” dengan selamat.

Ada juga pelajaran tentang cara bertempur dengan senjata atau tanpa senjata. Sekolah akrobatik ini biasanya berlangsung selama satu bulan dan biayanya sangat mahal.

Reporter: Arie Dwi Budiawati

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.