Sukses

IHSG Bakal Menghijau, Cermati Saham Moncer Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kuatnya ketidakpastian sentimen eksternal (global), tahun politik 2018 juga dipandang berdampak besar pada pergerakan laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) untuk beberapa waktu ke depan.

IHSG dinilai masih akan cenderung fluktuatif merespons pasar yang tidak menentu. Mulai dari tensi perang dagang antara China-Amerika Serikat (AS), krisis Turki, hingga aksi jual oleh Investor berperan signifikan pada pasar modal RI.

Analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, meski Bank Indonesia (BI) telah menaikkan suku bunga acuan BI 7-days Reverse Repo Rate 25 basis poin menjadi 5,5 persen, sentimen negatif masih akan lebih besar bayangi IHSG.

"Sentimen positif pada aksi intervensi rupiah yang dilakukan pemerintah teredam dengan aksi jual investor menjelang libur diakhir pekan di tengah bearish market global. Investor asing pun tercatat melakukan penjualaan bersih (net sell) Rp 761.99 miliar," tuturnya saat dihubungi Liputan6.com, Senin (20/8/2018).

Namun Lanjar menilai, momentum jenuh beli pasar saat ini berpotensi membawa IHSG kepada zona positif. Lanjar meramalkan IHSG akan menguat di kisaran 5.770-5.900 pada Senin pekan ini.

"Diperkirakan IHSG mencoba menguat dalam rentang 5.770-5.900," ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Rekomendasi saham

Saham-saham emiten yang menjadi rekomendasi Lanjar antara lain PT Astra International Tbk (ASII), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan juga PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES).

Sementara itu, saham pertambangan, infrastruktur, hingga perbankan menjadi pilihan Analis Binaartha Parama Sekuritas Nafan Aji bagi investor di pasar modal hari ini. Ia turut berpendapat IHSG berpeluang perkasa pada Senin pekan ini.

"Potensi penguatan masih cukup terlihat pada pergerakan indeks hari ini. Range-nya di level 5.711-5.847," ungkapnya.

Adapun saham yang disarankan Nafan adalah PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Elnusa Tbk (ELSA), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), serta PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Investor Asing Jual Saham Rp 668 Miliar, IHSG Turun 32,79 Poin
Artikel Selanjutnya
Bursa Global Tertekan, IHSG Merosot 28,52 Poin