Sukses

Yayasan Bill Gates Jadi Pemilik Saham Terbesar di Perusahaan Warren Buffett

Berkat sumbangan, yayasan milik Bill Gates menguasai saham terbesar di perusahaan Warren Buffett.

Liputan6.com, Omaha - Hubungan antara Bill Gates dan Warren Buffett semakin kuat. Tidak hanya sama-sama dermawan, dua miliarder kaya ini diakrabkan dengan nilai saham.

Dilansir dari Fortune, Bill Gates Foundation yang didirikan Bill & Melinda Gates telah menjadi pemilik saham terbesar di Berkshire Hathaway milik Buffett. Hal ini tak lepas dari sumbangan Buffett kepada yayasan tersebut pada Selasa, 17 Juli 2018.

Sebagai informasi, Berkshire Hathaway adalah sebuah perusahaan konglomerasi yang didirikan Warren Buffett yang menanamkan modal di beragam sektor. Berkshire Hathaway adalah sumber kekayaan Buffett dan mengantarnya sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

Setelah Buffett menyumbangkan 13,5 juta lembar saham dari Berkshire Hathaway pada Gates Foundation, artinya sekarang yayasan tersebut memiliki lima persen dari Berkshire Hathaway. Sebelum mendapat donasi, Gates sebetulnya juga sudah memiliki saham di perusahaan itu.

Sumbangan yang diberikan sang miliarder pada minggu lalu adalah salah satu yang terbesar yang pernah ia berikan. Jumlahnya ditaksir sekitar USD 3,4 miliar dalam bentuk saham di Berkshire Hathaway.

Selain pasangan Gates, empat besar pemegang saham lainnya di Berkshire Hathaway adalah Vanguard Group, State Street Global Advisors, and Cascade Investment Llc. Vanguard.

Menurut CNN Money, dengan ini Bill & Melinda Gates Foundation memiliki saham senilai hampir USD 13 miliar di Berkshire Hathaway. Namun, yayasan itu berencana menjual 60 juta lembar saham mereka, dan hasilnya kemudian disumbangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sumbang Rp 48 Triliun, Kekayaan Warren Buffett Merosot

Teladan baik dicontohkan oleh miliarder asal Omaha, Warren Buffett. Ia baru-baru ini menyumbangkan total saham sebesar USD 3,4 miliar.

Dilansir dari Reuters, porsi terbesar sumbangan itu diberikan ke Gates Foundation milik Bill Gates dan istrinya, kemudian untuk Susan Thompson Buffett Foundation (yayasan Buffett yang memakai nama mendiang istrinya) dan tiga yayasan lain yang dikelola tiga anaknya.

Kekayaan Buffett seperti tidak kunjung habis. Tahun lalu ia juga menyumbangkan puluhan triliun. Bila ditotalkan, pria 87 tahun itu sudah menyumbangkan uang lebih dari Rp 400 triliun sejak 2006.

Investor yang dijuluki Penyihir dari Omaha ini masih aktif memperhatikan dinamika pasar modal. Contohnya, belakangan ini ia menekankan jangan investasi di bitcoin karena sama saja dengan berjudi.

Warren Buffett memperoleh hartanya dari konglomerasi Berkshire Hathaway yang memiliki kepemilikan di berbagai sektor, mulai dari makanan, perhiasan, keuangan, sampai penerbangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini