Sukses

Menteri PANRB: Waspadai Hoax Penerimaan CPNS 2018

Menteri PANRB Asman Abnur menegaskan Saat ini belum ada penerimaan CPNS 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menegaskan, saat ini belum ada penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018.

“Belum ada formasi, kalau ada yang beredar itu tidak benar,” ujarnya  dikutip dari Kementerian PANRB, Selasa (24/7/2018).

Akhir-akhir ini tengah beredar informasi penerimaan CPNS 2018. Padahal hingga saat ini belum ada penetapan formasi CPNS. Informasi yang beredar di berbagai media sosial itu seolah-olah pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS pada Juli 2018.

“Semua masih dalam proses,” ujarnya.

Kepada masyarakat, Kementerian PANRB mengimbau untuk lebih cermat dan waspada serta tidak mudah percaya dengan berita-berita yang tidak jelas kebenarannya. Masyarakat bisa memantau melalui website resmi Kementerian PANRB yakni www.menpan.go.id.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Formasi Kelar Akhir Juli

Kementerian PANRB) menyatakan proses validasi data untuk menetapkan formasi akhir sistem seleksi (CPNS 2018) akan dituntaskan akhir Juli ini.

"Akhir Juli adalah ancar-ancar. Kami ingin ketika diumumkan adalah pada saat semua proses menuju pengumuman telah selesai," tutur Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kementerian PANRB Mudzakir saat dihubungi Liputan6.com, Senin (23/7/2018).

Mudzakhir memastikan segera mengumumkan proses validasi tersebut kepada masyarakat. "Mohon ditunggu, ketika sudah saatnya akan kami segera umumkan," kata dia. 

Dia mengaku, Kementerian PANRB tidak menargetkan secara khusus waktu pengumuman seleksi CPNS 2018. Menurut dia, jika segala proses telah rampung, informasi tersebut akan langsung dibagikan kepada publik. "PANRB tidak berdasarkan prediksi, namun menetapkannya sesuai ketentuan dalam PP no 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS," ungkapnya. 

Saat ditanya apakah waktu seleksi CPNS 2018 akan dibagikan pada pekan pertama di bulan Agustus, Mudzakhir masih enggan membocorkanya secara pasti.  Kata Mudzakir, yang paling penting waktu seleksi CPNS 2018 akan dibagikan segera. 

"Saya tidak bisa menyebutkan bulan tertentu yang sifatnya definitif ya. Mohon ditunggu saja. Intinya, sesuai yang disampaikan Pak Menteri PANRB Asman Abnur, semakin cepat semakin baik," tandas dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.