Sukses

Jadi Karyawan Baru, Ini 5 Cara Jitu Bisa Populer di Tempat Kerja

Berikut beberapa cara jitu untuk bisa populer di tempat kerja meski masih jadi anak baru.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pendatang baru di suatu lingkungan tempat kerja tidaklah mudah. Anda harus bisa melakukan penyesuaian diri jika Anda ingin bertahan di tempat tersebut. Jangan pernah mengeluh bila kehadiran Anda sewaktu-waktu tidak begitu dianggap di tempat kerja yang baru.

Tentu hal ini wajar saja, karena memang mereka sebelumnya sudah terbiasa tanpa kehadiran Anda. Sehingga kehadiran Anda tidak begitu berdampak, kecuali Anda melakukan proyek yang sama dengan mereka.

Menjadi “anak baru” di tempat kerja tidak selamanya menjadi momok. Justru sewaktu Anda menyandang status tersebutlah waktu yang tepat untuk berusaha keras menunjukkan kemampuan Anda agar “dianggap” dan populer.

Lalu, bagaimana caranya? Seperti dikutip dari cermati.com, berikut cara jitu untuk bisa populer di tempat kerja meski masih jadi “anak baru”.

1. Percaya Diri Tapi Tidak Sombong

Lagi dan lagi, percaya diri menjadi poin utama di dunia kerja. Jadilah pribadi yang percaya pada keahlian yang Anda miliki. Jangan minder dengan rekan kerja lainnya yang sudah memiliki pengalaman lebih banyak dari Anda. Justru Anda harus belajar banyak dari mereka.

Saat berkomunikasi, tataplah mata mereka dan utarakan pendapat Anda dengan penuh percaya diri. Dengan begitu, Anda bisa lebih meyakinkan mereka bahwa informasi yang Anda sampaikan adalah akurat.

Akan tetapi, jangan sampai terlalu percaya diri sehingga secara tidak sadar Anda merendahkan mereka yang justru terkesan sombong, menganggap bahwa Anda lebih berpengalaman. Ingatlah bahwa yang lebih dahulu berada di suatu tempat itu layak untuk dihargai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bekerja Sama dengan Rekan Kerja

Bekerja sama dengan rekan kerja Anda lainnya. Tunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang bisa dipercaya lewat karakter disiplin yang Anda miliki. Dengan begitu, mereka juga akan percaya untuk memberikan tugas kepada Anda. Mungkin, tugas awal Anda akan lebih mudah dari yang lainnya, karena ada faktor kepercayaan yang harus segera Anda miliki.

Hindari pertikaian karena apapun alasannya, Andalah yang akan disalahkan karena jika Anda tidak ada di lingkungan tersebut maka pertikaian tidak akan terjadi. Apalagi Anda adalah orang baru di lingkungan tersebut tentu kepercayaan terhadap Anda belum begitu besar. (Baca Juga: Tips Bekerja Bagi Para Freshgraduate)

3. Mengerti Prosedur Kerja

Usahakanlah untuk bekerja sesuai dengan prosedurnya. Pencapaian yang baik tanpa prosedur yang benar belum tentu mendatangkan kebaikan pada perusahaan tempat Anda baru bekerja. Sebab kalaupun mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, tapi dengan cara yang salah, tentu hal itu bisa menjadi petaka bagi Anda.

Tentu, atasan Anda akan merasa kecewa dengan kinerja Anda yang baru saja bekerja namun sudah membuat ulah. Oleh sebab itu, tanyakanlah kepada rekan kerja Anda perihal prosedur kerja yang harus ditaati. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari kesalahan bekerja sekaligus membangun hubungan dengan rekan kerja lainnya sehingga bisa lebih mempererat hubungan kerja antara Anda dan mereka.

3 dari 3 halaman

4. Punya Komitmen Kuat

Jadilah pekerja yang berkomitmen agar atasan Anda bisa percaya bahwa Anda memercayakan perusahaan tersebut untuk kemajuan karier Anda. Kesan inilah yang bisa membuat atasan Anda semakin percaya terhadap Anda.

Sehingga dia akan percaya bahwa Anda akan melakukan pekerjaan dengan baik dan hati senang. Melalui cara kerja Anda, tunjukkan bahwa Anda memang menginginkan pekerjaan tersebut dan merasa sangat beruntung bisa diterima di perusahaan sehebat itu. (Baca Juga: Ini Dia Tren Bekerja di Kantor Modern)

5. Bekerja Secara Maksimal Melebihi Ekspektasi Atasan

Bukan bermaksud untuk pamer kepada rekan kerja lainnya, namun Anda harus bekerja secara maksimal. Anda harus menunjukkan kelebihan atau kemampuan dibandingkan karyawan lainnya. Hal ini bisa ditunjukkan dengan berhasilnya Anda mengerjakan sesuatu dengan sangat baik, bahkan melebihi keinginan atasan Anda akan hasilnya.

Anda juga bisa menerapkannya dengan cara menyelesaikan pekerjaan yang diberikan kepada Anda sebelum deadline yang diberikan. Dengan demikian, atasan akan selalu puas dengan hasil kerja Anda.

Menjadi Anak Baru Butuh Perjuangan

Saat menjadi seorang yang baru di suatu lingkungan, tentu Anda harus bisa mengambil hati orang-orang yang Anda di lingkungan tersebut dan berperilaku dengan baik. Bukan saatnya bagi Anda untuk bersantai-santai karena harus bisa membuktikan bahwa Anda juga berkompeten dalam pekerjaan tersebut. Jangan takut bertanya dan belajarlah dari rekan kerja Anda yang sudah berpengalaman di bidang terkait.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.