Sukses

Transaksi di DBS Plaza Singapura, Anda Bakal Dilayani Robot

Bentuk pelayanan unik lain yang DBS sediakan di kantor cabang ini ialah berupa Video Teller Machine (VTM).

Liputan6.com, Jakarta - Di era modern, masyarakat menginginkan layanan yang cepat dan instan. Sebagian besar perusahaan yang menawarkan jasa pun berlomba-lomba mengembangkan teknologi agar layanan bisa efisien dan disukai oleh konsumen. 

Tak terkecuali di industri perbankan. Saat ini, banyak layanan perbankan yang telah mengimplementasikan teknologi sehingga bisa lebih cepat dan tentu saja mengurangi kekeliruan. DBS salah satunya. Bank yang berkanot pusat di Sinagpura ini menawarkan layanan perbankan modern.

Liputan6.com berkesempatan untuk menunjungi salah satu cabang DBS yang berlokasi di Plaza Singapura. Untuk menarik nasabah, DBS Cabang Plaza Singapura berkonsep digital dan memiliki desain layaknya cafe.

Branch Manager of DBS Plaza Singapura, Christine Tan, mengatakan bahwa sebagian besar layanan di cabang ini sudah digitalisasi. Ia pun menjelaskan tata cara untuk bisa mendapatkan layanan di cabang ini. 

Pertama nasabah DBS bisa mendapatkan nomor antrian dengan hanya mengirimkan SMS. Namun begitu, DBS Cabang Plaza Singapura tetap melayani nasabah yang tak menggunakan telepon seluler atau handphone (HP) untuk melakukan antrean.

"Nasabah bisa mengirimkan SMS untuk mendapat nomor antrean. Tapi bagi lansia yang tidak dapat menggunakan handphone, mereka masih bisa mengantre secara normal," ujar dia di Singapura, Kamis (12/7/2018).

Cukup dengan mengetik 'Q' ke nomor 8318 4339, lanjutnya, pelanggan DBS mendapat SMS balasan berupa notifikasi terkait nomor antrean.

Adapun salah satu bentuk pelayanan lain yang tersedia di kantor cabang ini, Christine menyebutkan, yakni berupa Cash Bag Deposit Machine yang mempermudah para nasabah seperti retailer untuk melakukan transaksi.

DBS Cabang Plaza Singapura ini membuka pelayanan perbankan pada Senin-Jumat sejak pukul 10.00-18.00 waktu setempat, sedangkan Sabtu dari pukul 10.00-14.30 waktu setempat.

"Minggu dan hari libur lain bank tutup, meski cafe dan kedai kopinya tetap buka," ucap Christine.

 

Deputy Service Manager DBS Plaza Singapura Luisito Lopez menambahkan, bentuk pelayanan unik lain yang DBS sediakan di kantor cabang ini ialah berupa Video Teller Machine (VTM).

"VTM ini menawarkan pelayanan unik yang tersedia dalam tiga bahasa, yakni Inggris, Malaysia dan Mandarin," jelas dia.

Mesin ini dapat melakukan berbagai pelayanan kepada nasabah secara gratis, mulai dari mengubah password kartu hingga mengganti kartu debit.

"Pengguna yang ingin berganti kartu bisa melakukannya sebanyak dua kali dengan waktu di bawah 5 menit," urainya.

Bagi pengguna yang belum mengerti fungsi dari mesin ini, tak perlu khawatir. Sebab, Luisito menambahkan, tersedia sebuah robot bernama 'Pepper' yang siap menerangkan nasabah perihal VTM ini.

"Cukup dengan menepuk halus kepalanya, ia (Pepper) akan banyak menjelaskan segala layanan yang tersedia di VTM," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.