Sukses

Harga Cabai di Pasar Tambun Tembus Rp 60.000 per Kg

kenaikan tersebut terjadi disebabkan oleh ketersediaan pasokan dari pasar induk yang berkurang.

Liputan6.com, Jakarta - Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Tambun, Kabupaten Bekasi terus mengalami peningkatan. Peningkatan ini terjadi seperti pada harga cabai yang tembus mencapai Rp 60.000 per kilogram (Kg).

Salah satu pedagang sayur, Agung mengungkapkan, kenaikan terjadi terutama pada jenis cabai rawit merah yakni sebesar Rp 60.000. Sedangkan untuk cabai merah keriting dan rawit hijau masih berada dikisaran Rp 35.000 hingga Rp 40.000 per Kg.

Agung menuturkan, kenaikan tersebut terjadi disebabkan oleh ketersediaan pasokan dari pasar induk yang berkurang. Sehingga hal tersebut dikatakan dia akan mempengaruhi harga jual yang tinggi di beberapa pedagang.

"Sekarang Rp 60.000 rawit merah. Emang lagi langka kemarin juga lagi kosong. Biasanya di induknya kosong. Kalau induknya ada pasti langsung (bisa normal) kalau induk kosong pasti loncat (harganya). Belanja banyak barangnya gak ada otomatis ditaikin sama pedagang," ungkapnya kepada merdeka.com saat ditemui di lokasi Pasar Tambun, Bekasi, Minggu (1/7/2018)

Selain harga cabai, Agung juga mengungkapan kenaikan terjadi pada jenis sayuran lainnya seperti buncis dan kacang panjang. Dia menilai faktor stok ketersedian barang dari induk juga menjadi penyebab kenaikan kedua jenis sayuran tersebut.

"Buncis dan kacang panjang diatas 20 ribu per Kg. Karena barangnya langka. Normal enggak jauh dari 10 sampai 12. Kadang di induknya yang jadi masalah," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok kosong

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan oleh pedagang sayur lainnya, Ida. Ida menilai kenaikan harga cabai dan beberapa jenis sayuran lainnya dikarenakan adanya kekosongan stok barang.

"Lagi kosong induknya kalau kosong begitu. Sekarang mahal semua emang. Kalau induk kosong dimahalin dari dulu gitu. Di kampung bandar-bandarnya gak ada masih pada nutup. Kalau abis lebaran mahal semua," tuturnya.

"Sekarang cabai rawit merah Rp 60.000 per Kg. Kacang panjang Rp 20.000. Buncis Rp 20.000 biasanya Rp 8.000," tambahnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini