Sukses

Mahasiswa Sekolah Vokasi UI Bisa Magang di 10 BUMN Ini

10 BUMN menandatangani perjanjian kerja sama magang bersertifikat dengan Program Pendidikan Vokasi UI

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno menegaskan dukungan dan keterlibatan BUMN dalam mendorong produktivitas dan daya saing bangsa. Salah satunya melalui program pendidikan vokasi yang sedang digalakkan. 

Hal ini diungkapkannya dalam Orasi Ilmiah bertema 'Peran Serta BUMN dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Vokasi' dalam rangka Dies Natalis ke-10 Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) di Auditorium Program Pendidikan Vokasi UI, Depok pada Kamis (28/06/2018).

Rini menjelaskan, keterlibatan BUMN dalam program pendidikan vokasi merupakan bentuk komitmen BUMN sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam mendukung kemajuan dan kemandirian bangsa. Oleh karena itu, keterlibatan BUMN dalam program vokasi merupakan sinergi yang saling menguntungkan karena SDM unggul yang lahir dari program ini sekaligus akan menjadi alternatif sumber rekrutmen BUMN.

“Saya tegaskan program ini merupakan sinergi yang saling menguntungkan. Saya terus mendorong BUMN-BUMN tidak hanya melaksanakan tugasnya sebagai agen pembangunan nasional, tetapi juga terus berperan serta dalam mendorong generasi muda yang berdaya saing tinggi dan tetap menjadi tenaga pilihan di negara sendiri terutama menghadapi era globalisasi,” ungkapnya.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Magang Bersertifikat antara 10 BUMN dengan program Pendidikan Vokasi UI. Sebanyak 10 BUMN tersebut adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Tabungan Negara Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Nasional Indonesia Tbk, PT Taspen (Persero), Perum Bulog, PT Waskita Karya Tbk, Perum Perikanan Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, dan PT Perkebunan Nusantara III.

“Saya bangga dengan BUMN yang terlibat dalam program ini, saya akan terus mendorong BUMN untuk bersinergi. Kepada para mahasiswa pesan saya, berkarir di BUMN merupakan kesempatan yang bagus, jadi manfaatkanlah peluang ini,” tegas Rini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan Pendidikan Vokasi UI

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Program Pendidikan Vokasi UI Sigit Pranowo Hadiwardoyo mengatakan, program vokasi merupakan salah satu program yang menyiapkan peserta didik menjadi tenaga ahli dan profesional yang menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi maupun seni budaya sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Melalui pendidikan keterampilan dan keahlian, program ini diarahkan untuk menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sehingga peserta dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri, lembaga pemerintahan atau berwirausaha secara mandiri.

“Kerja sama ini semakin memperkuat kolaborasi antara pendidikan tinggi dengan industri yang akan memberikan manfaat besar tidak saja bagi para lulusan perguruan tinggi, namun bagi peningkatan daya saing bangsa secara lebih luas. Semoga kerja sama ini mendorong kolaborasi-kolaborasi lain antara perguruan tinggi dengan dunia industri di Indonesia, baik di sektor publik maupun swasta,” ungkap Pranowo. 

Program Pendidikan Vokasi UI menjalankan kurikulum 321 sebagaimana dicanangkan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bersama pada semester 4 dan 5 merupakan bentuk kerja sama nyata antara perguruan tinggi dengan industri.

Adapun program studi yang ada adalah Akuntansi, Pariwisata, Komunikasi, Manajemen Informasi dan Dokumen, Perumasakitan, Okupasio Terapi, Fisioterapi, Adm. Perkantoran dan Sekretaris, Perpajakan, Adm. Keuangan dan Perbankan, Adm. Asuransi dan Aktuaria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini