Sukses

Harga Tiket Bus Capai Rp 550 Ribu di Terminal Kampung Rambutan

Menhub Budi Karya Sumadi meninjau langsung Terminal Kampung Rambutan, Jakarta untuk mengecek harga tiket.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau arus balik dan mudik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk berbincang dengan penjual atau agen bus sampai pemudik. 

Dari pantauan merdeka.com, selain mengecek data angkutan Lebaran di Terminal Kampung Rambutan, Budi Karya mengecek langsung harga tiket yang dijual agen bus untuk keberangkatan antar kota, baik ke Pulau Jawa, maupun luar Jawa.

"Tarifnya memang enggak merata. Ada tarif biasa Rp 350 ribu pas Lebaran sampai Rp 550 ribu untuk Pulau Jawa dan luar Jawa," kata Budi Karya di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Selasa (19/6/2018).

Namun di sela-sela pengecekannya itu ada yang menarik. Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menghampiri salah seorang pemudik yang hendak ingin membeli tiket di agen. Budi Karya mengajak pemudik berdialog dengan salah satu penumpang.

Budi Karya bertanya kepada penumpang yang diketahui bernama Ibu Akmal. Karena rasa ingin tahunya, dirinya pun menanyakan kepada penumpang itu.

"Mau kemana ibu?" tanya Menhub.

"Mau ke Semarang pak," jawab Ibu Akmal.

Melihat itu, Budi Karya pun membantu Ibu Akmal dengan menanyakan langsung harga tiket kepada petugas loket yang berjaga. "Berapa tiket untuk ke Semarang pak?" tanya dia kepada salah satu petugas loket.

"Rp 180 ribu, pak," jawab petugas loket tersebut.

"Ini bukan karena saya yang beli kan?" serunya kepada petugas sambil tersenyum.

"Enggak pak memang segitu," timpal petugas agen bus.

 

 

Reporter : Dwi Aditya Putra

Sumber : Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Mengetahui harga tiket tersebut, Budi Karya mengeluarkan uang dari dompetnya sebesar Rp 400 ribu. Uang tersebut untuk membayar harga tiket tujuan Semarang tersebut.

Sontak melihat itu, Ibu Akmal pun tidak mengira bakal dibiayai harga tiket dengan tujuan Semarang itu. "Tadinya saya tidak mengerti gak sengaja kebetulan saja, tadi beliau nanya ibu mau ke mana, terus saya jawab mau ke Semarang. Lalu mengecek tiket kemudian dibayar," ujar Ibu Akmal.

"Tujuannya mau ke daerah Pasar Babatan, Semarang tadi dikasih Rp 400ribu  buat dua tiket. Baru mudik ke sana karena kebetulan di sana ada yang mau hajat," tambahnya.

Tidak hanya itu, Budi Karya juga sempat beberapa kali mendatangi para penumpang yang hendak menunggu bus-bus keberangkatan. Dirinya beberapa kali menanyakan kepada salah seroang penumpang yang hendak pergi ke kampung halamannya itu. Dari mulai harga tiket, hingga tujuan keberangkatannya.

Budi Karya pun juga terlihat membagikan berupa nasi kotak kepada para penumpang yang dihampirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini