Sukses

6 Tanda Anda Harus Segera Cari Pekerjaan Baru

Liputan6.com, Jakarta - Meniti karier membutuhkan proses yang cukup panjang. Ada momen duka, ada pula sukanya. Apabila momen duka lebih besar daripada sukanya, apakah pekerjaan tersebut layak dipertahankan? Atau mungkin ini saatnya Anda untuk mencari pekerjaan yang lebih layak sehingga merasa nyaman dan senang selama bekerja.

Namun, keluar atau pindah dari perusahaan lama tentunya tidak semudah itu. Anda harus benar-benar memperhatikan penyebab atau alasan apa saja yang membuat yakin untuk pindah kerja.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut beberapa bahwa keputusan Anda untuk mencari pekerjaan baru ini tepat dan tidak berujung pada penyesalan di kemudian hari:

1. Terjadi Gejolak Batin secara Berkelanjutan

Hari-hari di tempat kerja mungkin tidak selalu sesuai dengan ekspektasi. Gejolak batin seperti rasa bosan, sedih, dan emosi mungkin akan menghantui perjalanan karier Anda. Namun, gejolak ini tidak wajar jika terjadi secara terus-menerus karena akan menghambat produktivitas di tempat kerja.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan gejolak batin, misalnya traveling, atau melakukan hobi lainnya. Tapi kalau gejolak ini tidak kunjung hilang, bisa jadi ini menunjukkan jika Anda sudah tidak betah berada di kantor tersebut.

Untuk itu, mulailah untuk mencari pekerjaan baru yang membuat Anda lebih nyaman dan senang dalam meniti karier. Sebab, bagaiaman pun juga ketenangan dan kemantapan hati akan mendukung perkembangan karier yang lebih baik. (Baca Juga: Mitos Tentang Karier yang Tidak Boleh Anda Percayai)

2. Niat untuk Menyelesaikan Tugas Berkurang

Tugas kantor mempunyai tenggat waktu masing-masing dan harus dikumpulkan sebelum deadline tiba. Apabila motivasi untuk menyelesaikan tugas tersebut berkurang bahkan jauh dari motivasi yang kuat sebelumnya, ini pertanda kalau Anda sudah tidak betah berlama-lama di tempat kerja.

Daripada batin tersiksa dan terus-menerus ditegur oleh atasan karena kinerja menurun, lebih baik cari pekerjaan baru dan bangun semangat Anda mulai dari awal lagi. Karena rasa semangat dalam mengerjakan suatu pekerjaan sangat berperan dalam meniti karier.

 

2 dari 4 halaman

3. Kondisi Keuangan Perusahaan Tidak Stabil

Harus diakui, tidak semua perusahaan selalu memiliki kondisi keuangan yang kuat dan stabil. Nah, jika ternyata perusahaan tempat Anda bekerja saat ini kondisi keuangannya selalu tidak stabil, maka Anda perlu mempersiapkan diri kalau saja suatu ketika terjadi PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

Sebelum peristiwa ini terjadi, sudah saatnya untuk mencari pekerjaan baru sehingga Anda tidak menjadi pengangguran. Memang, perusahaan akan memberikan pesangon yang setimpal. Tapi pesangon ini tidaklah cukup untuk mencukupi seluruh biaya yang Anda butuhkan selama hidup.

4. Tidak Ada Perkembangan Karier

Tugas yang dikerjakan selama bertahun-tahun memiliki tingkat kesulitan masing-masing, sehingga Anda merasa tertantang untuk mengerjakannya. Apabila level kesulitan tugas selalu sama dan tidak ada perubahan, tugas tersebut tidak akan membuat Anda berkembang karena tidak ada tantangan baru didalamnya.

Padahal, tantangan saat bekerja diperlukan agar kreatifitas Anda bisa terasah seiring dengan berjalannya waktu. Bila hal ini tidak dirasakan, sudah saatnya mencari hal-hal baru atau bahkan pekerjaan baru yang lebih menantang. Jangan biarkan karier Anda stagnan. (Baca Juga: Sebelum Berganti Karier, Jawab dan Pertimbangkan 5 Pertanyaan Ini)

 

3 dari 4 halaman

5. Adanya Hubungan yang Tidak Harmonis

Tidak sedikit pekerja terjerat hubungan yang tidak harmonis dengan atasannya. Padahal, hubungan baik antara karyawan dan atasan sangat diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Namun apalah daya, meminta atasan baru tidak dapat dilakukan begitu saja tanpa pertimbangan yang cukup matang dari pemilik perusahaan.

Mau tidak mau, Anda harus tetap bertahan di tempat kerja atau mencari pekerjaan baru di perusahaan yang memiliki hubungan harmonis antara atasan dan karyawannya. Tidak hanya dengan atasan, hubungan harmonis dengan rekan kerja juga sangat penting.

 

4 dari 4 halaman

6. Jumlah Penghasilan Tak Sesuai Ekspektasi

Tingkat penghasilan yang diterima bergantung pada jabatan dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh seorang karyawan. Lulusan fresh graduate biasa menerima gaji setara UMR (upah minimum regional) ditambah upah lembur, uang makan, uang transportasi, dan bonus lainnya.

Seiring berjalannya waktu, jumlah penghasilan yang diterima akan naik secara signifikan sebagai bukti apresiasi kerja dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Namun, bila Anda sudah bekerja selama bertahun-tahun dan belum juga mendapat kenaikan gaji, sudah saatnya untuk menilik perusahaan lain yang mampu menggajimu dengan jumlah yang sesuai.

Kalau gaji yang diterima tetap sama, Anda pun jadi lebih sulit memenuhi kebutuhan hidup yang terus naik dari tahun ke tahun. Bukannya semakin lama bekerja makin sejahtera, yang ada bisa jadi besar pasak daripada tiang, bukan?

Pertimbangkan Sebaik Mungkin untuk Karier Anda

Mengundurkan diri dari perusahaan lama dan mencari pekerjaan baru bukanlah keputusan mudah mengingat jumlah lapangan pekerjaan yang sangat terbatas. Perhatikan setiap aspek dari seluruh sudut pandang. Apabila kondisinya tidak memungkinkan untuk tetap berkarya di tempat kerja yang lama, cari pekerjaan baru yang dapat membuat Anda sejahtera dalam meniti karier semakin cemerlang demi masa depan yang lebih baik.

Artikel Selanjutnya
Ingin Lebih Untung saat Beli Mobil Bekas? Ini Caranya
Artikel Selanjutnya
Baru Menikah? Ini Cara Atur Keuangan Bersama Pasangan