Sukses

10 Hal yang Perlu Anda Siapkan Saat Mudik dengan Mobil Pribadi

Liputan6.com, Jakarta - Pada lebaran kali ini, para pemudik diperkirakan sudah berduyun-duyun menuju kampung halaman mulai Jumat malam, 8 Juni 2018, atau sepekan sebelum hari raya Idul Fitri.

Jika Anda mudik dengan kendaraan pribadi, lakukanlah persiapan dengan matang. Jangan sampai rencanamu untuk berlebaran berubah menjadi duka berkepanjangan hanya karena Anda tidak memeriksa kondisi kendaraan sebelum berangkat.

Berikut ini 10 langkah persiapan mudik dengan mobil pribadi yang wajib Anda lakukan agar perjalanan mudikmu lancar tanpa hambatan, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id.

1. Memeriksa mesin mobil

Nyalakan mesin dan dengarkan suaranya, apakah terdengar masih normal atau tidak. Jika suaranya kasar, atau ada bunyi tertentu yang berbeda, segera periksa ke bengkel.

Pastikan juga Anda mengecek minyak rem, minyak kopling, air radiator, aki, oli mesin, serta air wiper terisi sesuai dengan takarannya. Jika Anda masih awam untuk mengeceknya sendiri, Anda bisa memeriksakannya ke bengkel yang Anda percayai.

2. Memeriksa lampu mobil

Caranya nyalakan lampu mobil dan lihat kondisinya. Anda perlu melihat kondisi lampu depan mobil, lampu rem yang ada di belakang, lampu sein, dan cek bagian soket pada bagian lampu depannya. Kondisi lampu ini akan sangat berguna saat Anda berkendara di malam hari.

1 dari 4 halaman

3. Pastikan wiper mobil masih bagus

Pastikan wiper mobil masih berfungsi dengan sempurna. Jangan lupa memastikan bagian karet wiper masih bagus dan mampu membersihkan kaca mobil dengan cepat. Tanpa dilengkapi dengan wiper yang baik, saat kondisi jalanan sedang hujan, Anda akan sangat kesulitan melanjutkan perjalanan.

4. Pastikan ban tidak botak

Anda harus melihat bagian tapak dan kembang ban, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Jangan segan untuk mengganti ban yang sudah botak agar perjalananmu nyaman dan jauh dari kecelakaan akibat kondisi ban buruk. Dan pastikan tekanan angin ban sesuai dengan anjuran pabrikan sekitar 32 atau 35.

Baca Juga: Perlukah Anda Top Up e-Toll di Gerbang Toll?

2 dari 4 halaman

5. Sediakan ban serep

Ban serep sangat penting jika di perjalanan banmu bocor. Anda akan kesulitan untuk mencari ban serep di bengkel terdekat jika tidak memiliki ban serep. Sebaliknya, dengan ban serep, Anda bisa langsung mengganti ban Anda yang bocor.

6. Perangkat pendukung

Menyediakan perangkat pendukung mobil, seperti dongkrak, kotak P3K, serta alat darurat lainnya. Perangkat tersebut sangat dibutuhkan saat kendaraan Anda mengalami masalah sehingga harus tersedia di dalam mobil.

3 dari 4 halaman

7. Pastikan AC mobil berfungsi dengan baik

Agar perjalanan mudikmu berlangsung dengan menyenangkan, pastikan mesin AC di mobilmu masih berfungsi dengan baik. Periksa isi freon ke bengkel. Jika sudah hampir habis, sebaiknya diisi kembali agar AC tetap dingin.

Selain itu, jangan lupa mengecek semua panel dan spare part yang berkaitan dengan AC, diantaranya filter AC yang sering ngadat, serta tombol-tombol pada kabin.

Baca Juga: Tarif Tol Mudik Jakarta-Surabaya Rp 351.500 dan Diskon Tol Lebaran

8. Jangan lupa untuk mengetes mobil sebelum berangkat

Agar Anda tenang, sebaiknya Anda mengetes mobil beberapa hari sebelum berangkat. Ini agar Anda merasakan respon mobil dengan baik, seperti setir, ban, suspensi. Apabila ada yang kurang meyakinkan, sebaiknya ditanyakan kepada bengkel terpercaya dan pastikan kembali mobilmu dalam kondisi baik.

Persiapan kesembilan dan kesepuluh bisa Anda baca di blog HaloMoney.co.id.

Artikel Selanjutnya
Puncak Mudik via Bandara Halim Diprediksi Minggu-Senin
Artikel Selanjutnya
Pemprov Jawa Timur Prediksi 8,07 Juta Pemudik Manfaatkan Transportasi Massal