Sukses

Ingin Mulai Investasi? Ini Sektor Saham yang Menjanjikan Tahun Ini

Mulai tertarik untuk berinvestasi di tahun 2018? Berbagai jenis investasi pun bisa jadi pilihan. Salah satunya yang mulai dilirik investasi saham.

Liputan6.com, Jakarta - Mulai tertarik untuk berinvestasi pada tahun 2018? Berbagai jenis investasi pun bisa jadi pilihan. Salah satunya yang mulai dilirik investasi saham. Tak hanya berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar, tetapi juga bisa mengenal berbagai jenis saham yang ada.

Ya, belajar investasi lewat saham dapat membuat aset bertambah dan mengasah keterampilan untuk memutar uang investasi secara profesional. Terlebih kini Badan Sekuritas baru saja merilis beberapa sektor saham yang menjanjikan tahun 2018 yang dipastikan aman.

Dikutip dari Swara Tunaiku, tahun 2017, berbagai sektor tumbuh dan berkembang, mulai dari sektor keuangan, industri dasar dan kimia, serta sektor industri barang konsumsi.

Diketahui, sektor keuangan mengalami pertumbuhan 40,19 persen. Sedangkan pada sektor industri dasar dan kimia mencapai 26,86 persen. Sementara, di sektor industri barang konsumsi naik setinggi 21,98 persen.

Semuanya merupakan sektor yang mengalahkan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang hanya tumbuh sebanyak 19,21 persen. Lalu, kira-kira apa sektor yang paling menjanjikan tahun ini dan bisa dilirik sebagai saham?

Menyambut tahun politik pada tahun 2019 mendatang, situasi politik pastinya akan mulai memengaruhi pasar saham. Pada 2018 awal pun sudah mulai terasa gejolaknya terhadap naik turunnya angka saham terkait kondisi ini.

Menurut Kepala Riset MNC Sekuritas, Thendra Crisnada, ada beberapa sektor bisnis yang sebenarnya masih memiliki prospek yang bagus. Seperti sektor perbankan, telekomunikasi, dan tambang batu bara dianggap memiliki potensi yang jauh lebih baik dibandingkan sektor bisnis lainnya.

Ditambahkan pula jika ada beberapa sektor yang dianggap masih netral dan berpeluang baik, seperti sektor konsumsi, metal, perkebunan, otomotif, konstruksi, semen, maupun properti.

Namun, mengingat jika masa pemilu tiba maka perlu diperhatikan beberapa hal, seperti tren suku bunga yang cenderung rendah dan banyaknya proyek pengembangan infrastruktur yang akan ditawarkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekomendasi Saham

Berdasarkan alasan tersebut, maka pada tahun 2018 ini ada beberapa saham yang direkomendasikan untuk mulai dilirik, yaitu saham WIKA, PTPP, WSKT, TLKM, PGAS, dan SMGR.

Sementara, sektor lain yang juga tak kalah menarik, yaitu sektor bisnis seperti BUMN Karya, sektor perbankan, yakni BMRI dan BNI, serta sektor infrastruktur, yaitu ADHI dan WSKT.

Terlebih jika ingin terjun berinvestasi saham maka menjelang tahun politik banyak sektor saham yang menjadi murah. Hal ini bisa jadi kesempatan besar untuk memulai investasi saham. Cek dan pertimbangkan sektor mana yang diyakini akan aman dan menguntungkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.