Sukses

Kamu Orang Pemalu? Ini Dia Tips Ampuh Bangun Relasi di Kantor

Meski Anda orang yang pemalu dan tertutup, bukan berarti Anda tidak bisa membangun networking di kantor lho. Apa tips ampuhnya? Berikut trik yang bisa Anda tiru

Liputan6.com, Jakarta - Membangun jaringan (networking) di tempat kerja maupun ketika Anda berkarier merupakan suatu keharusan. Selain hal tersebut dapat memudahkan Anda pada urusan-urusan di kantor, ini pula yang mengantarkan Anda pada kesempatan-kesempatan baru yang menjanjikan di luar sana.

Membangun networking pun bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, Anda harus cermat dan teliti kapan dan bagaimana sebaiknya Anda bersikap pada lingkungan tertentu. 

Baik Anda seorang yang pemalu, maupun seseorang yang suka berbicara di depan umum, networking harus Anda miliki sebagai bagian dari perjalanan serta petualangan karier Anda. Bagaimana caranya dan apa tips ampuh untuk membangun jaringan bagi Anda yang tidak suka bergaul? 

Dilansir dari Business Insider, Jumat (4/5/2018) berikut tips jitu membangun jaringan saat berkarier: 

1. Lihat Networking sebagai Hubungan

Jika Anda termasuk tipikal yang sulit untuk bergaul, ubahlah pola pikir tersebut bahwa networking merupakan suatu hubungan. Dengan hal ini, maka Anda akan memandang bahwa ini suatu kewajiban dan merupakan kebaikan jika Anda lakukan pada diri sendiri.

Dengan mengubah mindset networking menjadi hubungan, maka Anda akan melihat networking sebagai suatu proses yang berkesinambungan.

2. Siapkan Diri untuk Sukses

Satu lagi manfaat dari membangun jaringan ialah persiapan bagi diri Anda untuk merangkul kesuksesan. Lihatlah networking sebagai sarana bagi Anda meraih tangga kesuksesan. Ini akan menjadikan Anda semangat dan haus akan belajar dari siapapun orang yang Anda temui di sela-sela pekerjaan Anda.

3. Ajak Teman

Jika Anda malu untuk membuka pertemanan atau bergaul dengan orang baru, cobalah mengajak teman atau sahabat Anda untuk membangun networking tersebut. Anda harus pintar memanfaatkan situasi yang ada tanpa harus mengurangi kepercayaan diri Anda dalam bergaul dan memulai topik pembicaraan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Temukan Titik yang Nyaman

Saat Anda berada pada tempat terbuka pada suatu acara, Anda akan banyak menemukan titik-titik tertentu dimana orang banyak memulai suatu obrolan. Temukan lokasi yang paling Anda rasa nyaman untuk memulai suatu diskusi dan obrolan-obrolan kecil lainnya. Buat tempat tersebut senyaman mungkin sehingga Anda dapat menciptakan kesan yang baik satu sama lain.

5. Kurangi Hal yang Sia-Sia

Saat berbicara dengan orang lain, Anda tidak dalam posisi menjual diri Anda pada orang tersebut, melainkan bagaimana menemukan titik tengah topik pembicaraan dan saling bertukar informasi secara baik. Ini menghindari Anda dari keinginan untuk berbicara sendiri sekaligus menjauhkan Anda dari topik yang sia-sia atau tidak berguna. 

Hindari topik yang membuang waktu Anda berdua, dan mulailah dengan sesuatu yang dapat mendekatkan diri Anda serta membangun citra diri yang baik di pertemuan pertama Anda. 

6. Cari Momen yang Sama

Momen yang menarik dari suatu perbincangan ialah ketika orang lain juga pernah merasakan hal yang sama. Cobalah untuk mengulik apa yang menjadi ketertarikan lawan bicara Anda dan mulai dengan topik tersebut. Lihat kesamaan apa yang Anda bisa raih dalam perbicancangan tersebut. 

 

3 dari 3 halaman

7. Lihat Networking sebagai Nilai Tambah

Jangan melihat networking hanya sebagai kebutuhan Anda pribadi tapi lihatlah sebagai nilai tambah pula. Lihatlah bagaimana hubungan tersebut dapat terus Anda pelihara dan Anda bina di waktu-waktu yang akan mendatang. Dengan ini, Anda menjual diri Anda secara baik dan juga berkualitas di mata orang lain. 

8. Ambil Pendekatan Jangka Panjang

Sekali lagi, pergunakanlah momen pertemuan pertama Anda sebagai rangkaian pertemuan-pertemuan berikutnya untuk dilakukan. Pendekatan jangka panjang ini melatih konsistensi serta kesabaran Anda dalam membangun karier Anda secara perlahan-lahan. Anda juga menghargai bahwa proses merupakan hal yang wajib untuk Anda lalui saat ingin mencapai kesuksesan di kantor. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini