Sukses

Jurus Jitu Bank Indonesia Jaga Nilai Tukar Rupiah

Bank Indonesia (BI) menyatakan kondisi ekonomi Indonesia sangat baik namun ketidakpastian ekonomi global tekan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Liputan6.com, Makassar - Bank Indonesia (BI) menilai melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir belum pada posisi yang mengkhawatirkan.

Lantaran faktor eksternal dan musiman yang menyebabkan jatuhnya nilai tukar rupiah yang hingga pagi ini, Kamis (3/5/2018) nyaris menyentuh level Rp 14.000 per dolar AS.

Berdasarkan data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah di posisi 13.965 per dolar AS pada Kamis 3 Mei 2018.

Sedangkan data Bloomberg, rupiah dibuka melemah tujuh poin ke posisi 13.955 per dolar AS pada Kamis pagi ini dari penutupan kemarin 13.948 per dolar AS. Rupiah pun bergerak di kisaran 13.955-13.968 per dolar AS.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo menyatakan secara domestik, kondisi perekonomian Indonesia sangat baik. Namun, ketidakpastian ekonomi global menyebabkan terjadinya pelemahan nilai tukar, tidak hanya rupiah, tetapi sejumlah mata uang negara lain.

"Dari domestik tidak ada alasan rupiah melemah. Namun, akan ada apa dengan Trump? Trade war? Proteksionisme Amerika. Ini yang menyebabkan bagusnya perekonomian Indonesia tertutup dengan faktor eksternal," Dody menjelaskan dalam sambutannya pada acara Diseminasi Laporan Perekonomian Indonesia, Makassar, Kamis (3/5/2018).

Dody menambahkan, ada faktor musiman juga menjadi penyebab pelemahan nilai tukar rupiah karena besarnya permintaan dolar AS untuk pembayaran utang luar negeri, dividen, pembayaran impor.

Meski begitu, Dody memastikan, pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi saat ini masih dalam level aman. "Kita melemah 0,8 persen, tetapi pelemahan juga terjadi pada mata uang lain, seperti India dan Jepang," kata Dody.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Empat Strategi Bank Indonesia

Bank Indonesia, dia melanjutkan, telah melakukan beberapa langkah untuk menjaga agar rupiah tidak semakin terpuruk. Dody menyebutkan ada empat kebijakan Bank Indonesia dalam menanggapi pelemahan nilai tukar rupiah ini. Empat strategi ini dilakukan secara bertahap.

Pertama, Bank Indonesia menjaga likuiditas valas dan rupiah. Kedua, memantau perkembangan ekonomi global dan dampaknya terhadap perekonomian domestik.

Ketiga, Bank Indonesia menyiapkan second line of defense dengan institusi terkait. Ada dua cara dalam second line of defense ini, yakni Bilateral Swap Agreement dan Currency Swap Agreement.

Terakhir, apabila tekanan terus berlanjut serta mengganggu stabilitas, maka Bank Indonesia akan menyesuaikan suku bunga.

"Kita memperkuat cadangan devisa. Jadi saat dibutuhkan kita ada sumber cadev. Serta menyediakan room jika nanti kita lakukan penyesuaian suku bunga," ujar Dody.

"Kita pantau pasar, sudah kita upayakan untuk menjaga rupiah. Kalau tidak ada BI, mungkin rupiah sudah Rp 15 ribu. Kalau sekarang Rp 14 ribu, itu hasil yang telah kita lakukan," Dody menandaskan.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.