Sukses

Jokowi Harap Ekspor Perdana Xpander Bisa Dongkrak Ekonomi RI

Presiden Jokowi memberikan apresiasi kepada Mitsubishi Motors yang mengekspor mobil Xpander secara massal dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peluncuran ekspor perdana mobil tipe Xpander yang diproduksi Mitsubishi Motors di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (25/4/2018).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memberikan apresiasi kepada Mitsubishi Motors yang mengekspor mobil Xpander secara massal dari Indonesia.

"Saya sangat menghargai dan apresiasi lompatan Mitsubishi Motor yang hari ini untuk pertama kalinya melakukan ekspor massal mobil ekspor mobil tipe Xpander ini dari Indonesia," kata Jokowi.

Pada tahap pertama, Mitsubishi Motors bakal mengekspor 30 ribu mobil Xpander ke enam negara. Negara tersebut yakni Filipina, Thailand, Vietnam, Mesir, Sri Lanka, dan Mesir. Mitsubishi Motors adalah perusahaan otomotif global berpusat di Tokyo, Jepang.

Presiden Jokowi menyebut, ada dua hal yang memicu pertumbuhan ekonomi yaitu investasi dan ekspor. Ekspor mobil Xpander, diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

"Dua hal yang akan terus saya ulang-ulang dan saya sampaikan di berbagai acara kunci penting untuk kemajuan ekonomi indonesia adalah investasi dan ekspor," ujarnya.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pangsa Pasar Xpande

Adapun pangsa pasar mobil Xpander, tidak hanya di Asia Tenggara tetapi juga Amerika Selatan dan Afrika. Mobil tersebut diproduksi dan dirakit oleh tenaga kerja Indonesia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, berdasarkan laporan dari Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Mitsubishi Motors menggunakan 3.000 tenaga kerja untuk memproduksi mobil. Dari ribuan tenaga kerja tersebut, sebagian besarnya pekerja lokal.

Jokowi meyakini, dengan banyaknya tenaga kerja lokal yang digunakan untuk memproduksi mobil maka pengangguran dan kemiskinan di Tanah Air bisa ditekan.

Tonton Video Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.