Sukses

Harga Cabai Berangsur Turun

Liputan6.com, Jakarta - Harga bahan pangan di pasar tradisional relatif stabil di awal pekan ini. Tak ada kenaikan harga yang signifikan. Bahkan para pedagang mengaku sejumlah harga bahan pangan justru mengalami penurunan.

Seperti dari hasil pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta Selatan. Meski penurunan belum signifikan, namun harga cabai mulai menunjukkan tren melandai.

"Cabai ini memang naik turun, tergantung pasokan dan cuaca. Kemarin cabai merah besar sempat di harga Rp 70 ribu per kilogram (kg), sekarang sudah Rp 65 ribu per kg," kata salah satu pedagang Rahayu (46) saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (23/4/2018).

Untuk cabai merah keriting juga mengalami penurunan meski hanya Rp 1.000 per kg, dari sebelumnya Rp 39 ribu per kg kini menjadi Rp 38 ribu per kg.

Sementara cabai rawit merah dibandrol Rp 50 ribu per kg, atau tetap dibandingkan minggu lalu. Sedangkan untuk cabai rawit hijau dibandrol Rp 40 ribu per kg atau turun Rp 2.000 per kg.

Rahayu berharap harga ini berangsur turun dan kemudian terkendali saat jelang dan memasuki bulan Ramadan yang akan jatuh pada bulan depan.

 

1 dari 2 halaman

Bawang

Untuk jenis bawang merah dan bawang putih, keduanya terlihat stabil dijual di harga Rp 40 ribu per kg. Sedangkan kentang dibandrol Rp 12 ribu per kg dan tomat Rp 12 ribu per kg.

"Kalau sembako, mungkin Gula yang agak turun, sekarang saya jual Rp 13 ribuper kg, sebelumnya Rp 14 ribu per kg," ujar salah satu penjual sembako, Kardiman (52).

Tepung terigu di Pasar Mampang dijual seharga Rp 8.000 per kg, garam dapur Rp 15 ribu per kg dan telur ayam Rp 23 ribu per kg. Sedangkan untuk beras kualitas medium kini dijual Rp 11 ribu per kg dan beras kualitas premium seharga Rp 13 ribu per kg.

Kemudian untuk harga daging sapi, masih bertengger di angka Rp 120 ribu per kg dan daging ayam Rp 40 ribubper ekor.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Harga Telur Belum Stabil Jelang Akhir Pekan
Artikel Selanjutnya
Harga Bawang Putih di Pasar Tradisional Turun Rp 20 Ribu per Kg