Sukses

Alexis Ohanian, Miliarder Ganteng yang Dulunya Tukang Cuci Piring

Liputan6.com, Jakarta Seperti kebanyakan remaja lain, sebelum sukses mendirikan situs online Reddit dan menjadi miliarder, Alexis Ohanian memulai banyak pekerjaan yang terbilang jauh dari kata glamor. Dia bahkan pernah bekerja di Pizza Hut, memasak dan mencuci piring.
 
"Saya juga pernah menjadi pelayan di sana, di mana saya mempelajari semua yang berkaitan dengan pelayanan pelanggan," tutur pemilik perusahaan bernilai USD 1,8 miliar atau Rp 24,8 triliun tersebut. (kurs: Rp 13.778/USD).
 
Melansir laman CNBC, Minggu (22/4/2018), pekerjaan pertama Ohanian juga tak begitu mengesankan. Dia bekerja melakukan demo rekayasa perangkat lunak (software) dan harus berbicara setiap 30 menit yang karena tak menarik ia justru lebih sering diabaikan.
 
"Itu merupakan pengalaman berbicara di depan publik terburuk yang dialami seorang remaja seperti saya," tuturnya saat diwawancara New York Times.
 
Saat Ohanian menyelesaikan kuliahnya di jurusan sejarah, dia justru yakin ingin menjadi seorang pengacara. Sebagai sarjana sejarah, dia merasa karir terbaik dapat dicapai dengan melanjutkan sekolah hukum.
 
Namun kemudian ia menyadari dirinya tak sungguh-sungguh ingin melakukannya. Ohanian merasa dirinya ingin memulai sesuatu, maka teman sekamarnya Steve Huffman mencoba membantunya membangun sebuah bisnis.
 
Mereka akhirnya membuat 'My Mobile Menu', sejenis aplikasi online untuk memesan makanan. Sayangnya, ide tersebut dimulai pada 2005, jauh sebelum era telepon pintar dimulai. "Gagasan itu tak berhasil," pungkasnya.
 
Dia lantas memikirkan gagasan tentang Reddit dan meluncurkan situs tersebut tiga pekan kemudian pada Juni 2005. Reddit kini telah memiliki 300 juta pengguna dengan nilai bisnis mencapai puluhan triliun rupiah.
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Riset: Segelintir Orang Terkaya Bakal Kuasai 64 Persen Kekayaan Dunia

Sekitar satu persen orang terkaya di dunia akan menguasai sebanyak dua pertiga dari kekayaan dunia pada 2030. Hal itu berdasarkan pengamatan analisis yang mengejutkan.

Para pemimpin dunia diperingatkan jika akumulasi kekayaan ini terus berlanjut tak terbendung, hal ini akan mendorong kemarahan serta ketidakpercayaan untuk dekade mendatang. Kecuali sampai diambil keputusan untuk memulihkan keseimbangan.

Proyek yang mengkhawatirkan dihasilkan oleh the House of Commons. Proyeksi itu menunjukan jika tren yang terlihat sejak krisis keuangan pada  2008 tersebut terus berlanjut. Sekitar satu persen orang terkaya akan mengendalikan 64 persen kekayaan di dunia pada 2030. Tak hanya itu, orang terkaya juga dipandang akan memiliki lebih dari setengah dari semua kekayaan yang ada.

Sejak 2008, kekayaan sekitar satu persen orang terkaya di dunia telah tumbuh rata-rata enam persen per tahun. Hal ini jauh lebih cepat tiga persen persen dibanding 99 persen sisa populasi dunia yang ada. Demikian mengutip dari laman The Guardian, Minggu (22/4/2018).

Jika hal ini terus berlanjut, satu  persen orang terkaya tersebut akan memiliki kekayaan setara dengan USD 350 triliun. Angka itu naik sekitar USD 140 triliun.

Analis memperkirakan kekayaan tersebut telah terkonsentrasi karena ketimpangan pendapatan yang baru-baru ini terjadi, antara lain tingkat tabungan yang lebih tinggi di kalangan orang kaya dan juga akumulasi aset yang ada.

Orang kaya juga menginvestasikan sejumlah besar modal dalam bisnis, saham, aset keuangan lainnya, yang secara tidak langsung memberikan manfaat yang tidak proporsional pada keuangan.

Tonton Video Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.