Sukses

Edho Zell, Vlogger Sukses yang Sempat Jadi Penjaga Warnet

Liputan6.com, Jakarta - Untuk sukses membutuhkan usaha keras. Butuh perjuangan dan jatuh bangun, sehingga bisa meraih karier cemerlang. Hal tersebut dibuktikan oleh Edho Zell. Sebelum menjadi vlogger sukses dengan pendapatan puluhan juta per bulan, Edho harus merangkak dari bawah. 

Perjalanan hidup pria yang memiliki nama asli Edho Pratama ini tidak selalu mulus. Sebelum sukses seperti saat ini, ia pernah bekerja sebagai penjaga warnet dan tinggal di kos berdinding tripleks.

Kisah kehidupan Edho yang tak pernah menyerah ini memang benar-benar memberikan inspirasi bagi banyak orang. Dia bukan cuma berjuang demi sesuap nasi, tapi juga mengubah dirinya agar bisa menjadi lebih baik lagi. Berikut ini ada sedikit cerita kenapa Edho Zell memang layak untuk dijadikan inspirasi.

Edho berasal dari keluarga broken home, bahkan dia sampai tak tahu ayahnya siapa. Sejak kecil dia pun hanya dibesarkan oleh sang ibu. Edho semakin tahu bagaimana kerasnya kehidupan saat sang ibu menikah lagi dan memutuskan untuk ikut bersama suaminya tinggal di Papua. Sedangkan Edho memilih untuk tetap di Jakarta di saat dia masih remaja.

Edho memilih bekerja di warnet hingga jualan parfum dengan gaji yang tak sedikit demi menghidupi dirinya. Dia juga rela tinggal di sebuah kos berdinding triplek karena memang tak ada uang.

Kehidupan Edho mulai sedikit berubah setelah lulus SMA. Dia yang punya bakat break dance, kemudian menjadikan talenta itu sebagai guru dance dengan gaji yang lumayan.

Edho bukan cuma pekerja keras, tapi juga cerdas. Setelah lulus SMA, dia diterima di salah satu kampus terbaik di Tanah Air, Universitas Indonesia. Sayangnya, profesi sebagai seorang guru break dance malah membuat Edho merasa tak punya teman.

Ia merasa dijauhi dan tak diterima karena penampilannya yang berbeda dari teman-temannya. Akhirnya dengan terpaksa ia memutuskan untuk berhenti kuliah dan fokus pada pekerjaannya.

Selain jadi guru break dance, Edho juga ternyata bakat menjadi MC. Berawal dari jadi MC di acara ulang tahun teman, dia pun laris mendapat tawaran menjadi pemandu acara di mana-mana.

 

1 dari 3 halaman

Jatuh Bangun

Mendapat pemasukan yang lumayan sebagai pelatih break dance, Edho yang memang kreatif ini punya mimpi untuk menaklukkan Jepang. Jadilah dia memutuskan terbang dan punya karier di negara yang terkenal dengan sakura itu.

Sukseskah Edho di sana? Sayangnya tidak. Di negeri orang ini, Edho mengaku tak punya uang dan sulit berkomunikasi dengan orang-orang di sana. Bahkan gara-gara itu dia sempat jadi gembel hingga tidur di hutan. Edho pun akhirnya memutuskan kembali ke Indonesia.

Setelah gagal menaklukkan Jepang, apakah Edho langsung bahagia? Belum. Pepatah sudah tertimpa tangga tampaknya pantas untuk Edho. Bukan cuma perekonomiannya yang seret, kisah cintanya juga sempat tak indah.

Jadi ia pernah pacaran serius bahkan berencana menikah. Sayangnya, sebelum melakukan foto prewedding, Edho dan wanita pujaannya kala itu malah putus. Tapi tentu saja Edho tak menyerah dengan kerasnya kehidupan begitu saja.

 

2 dari 3 halaman

Awal Karier

Masih ingat video viral Sinta dan Jojo yang melakukan lipsync lagu Keong Racun? Keviralan video tersebut memberikan ide kepada Edho untuk membuat video serupa.

Memang awalnya, dia tak banyak dapat subscriber. Perlahan tapi pasti, dia mulai mendapat tempat di hati pencinta video blogger di Indonesia. Bahkan salah satu channel video online menawari Edho untuk ikut pelatihan untuk meningkatkan kualitas konten dan video.

Di tahun 2014, Edho akhirnya memutuskan untuk full menjadi seorang vlogger. Kontennya pun beragam dan pastinya sangat menghibur. Mulai dari parodi, review, sampai kolaborasi dengan vlogger lain.

Edho juga laris mendapat sponsor dari berbagai merek untuk kerja sama. Tapi tentu saja dia tak langsung comot begitu saja tawaran kerja sama yang datang kepadanya.

Edho akan memilah-milah mana merek yang cocok dengan konten videonya yang fun. Dia juga menolak tegas kerja sama dengan produk-produk seperti rokok dan minuman yang mengandung alkohol.

Saat ini subscribers Edho di YouTube sudah mencapai hampir 2 juta. Beberapa tahun lalu situs socialblade.com pernah bilang minimal per bulan dapat Rp 30 juta dari YouTube. Itu dulu, tapi sekarang pasti sudah lebih, dong.

Meski sukses telah sukses sebagai vlogger, Edho tak mau menghentikan kreativitasnya sampai di situ saja. Dia paham kalau tren itu akan selalu berkembang. Oleh karena itu, Edho pun mulai mencoba untuk mengembangkan bakatnya ke platform digital lainnya, seperti media sosial.

Seperti yang disebutkan tadi, Edho pernah gagal dalam percintaan. Tapi kini dia telah bahagia. Edho menikah dengan wanita bernama Laura Natalia Suciadi pada tahun 2015. Kini keduanya juga sudah dikarunia putranya yang lucu, Baby El. Dua anugerah yang membahagiakan Edho ini juga sering muncul di Intagram dan vlog.

Kini sosok Edho Zell menjadi salah satu nominasi di ajang XYZ Day Awards 2018. Kalau kamu fams (ya, Edho lebih suka memanggil penggemarnya dengan fams) Edho, yuk dukung dia dengan cara foto di SINI agar idolamu bisa menjadi salah satu pemenang event tersebut.

Artikel Selanjutnya
Sempat Viral, De Nada Menjadi Nominee di XYZ Day 2018
Artikel Selanjutnya
10 Fandom K-Pop Paling Ramai di Twitter, Apa Fanbase Kamu Termasuk?