Sukses

KAI Operasikan 12 Kereta Tambahan Saat Libur Panjang

KAI menyatakan kereta tambahan itu dioperasikan mulai 28-31 Maret 2018.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Daop 1 akan mengoperasikan kereta api (KA) tambahan buat antisipasi meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi KA. Terutama jelang libur panjang peringatan hari wafat Isa Al Masih pada Jumat, 30 Maret 2018.

Kereta api tambahan tersebut terdiri dari sembilan KA kelas eksekutif yang berangkat dari Stasiun Gambir, satu KA kelas eksekutif, dan dua KA kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen. 

"KA tersebut akan dioperasikan mulai 28-31 Maret 2018," kata Senior Manager Humas KAI DAOP 1 Jakarta Edy Kuswoyo kepada wartawan, Kamis (29/3/2018).

Ke-12 KA tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain Solo 1 KA, Semarang 1 KA, Surabaya 1 KA, Cirebon 2 KA, Kutoarjo 1 KA, Bandung 5 KA, dan Kiaracondong 1 KA. 

Minat masyarakat yang tinggi untuk kereta api ini terlihat dari mulai terjual habisnya tiket KA pada tanggal-tanggal favorit, yakni 29-30 Maret 2018. 

Berdasarkan data penjualan tiket sampai pukul 21.00 WIB, KA tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat sudah meningkat. PT KAI Daop 1 Jakarta tiap hari mengoperasikan 52 perjalanan KA reguler dengan total tempat duduk yang disediakan sebanyak 32.004 kursi.

Sementara itu, dari 12 perjalanan KA tambahan, tempat duduk yang disediakan maksimal bisa mencapai 5.572 kursi. KA keberangkatan dari stasiun Gambir yang telah mencapai okupansi 100 persen untuk keberangkatan Kamis, 29 Maret 2018, yaitu KA Bima tujuan Surabaya Gubeng, KA Gajayana tujuan Malang. KA Argo Muria dan Argo Sindoro jurusan Semarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kemudian Argo Dwipangga dan Argo Lawu tujuan Solo, Taksaka pagi dan Malam tujuan Yogyakarta, KA Argo Anggrek pagi dan malam, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasar Turi, dan KA Purwojaya tujuan Cilacap. 

Untuk keberangkatan Jumat, 30 Maret 2018 yang telah mencapai okupansi 100 persen antara lain seluruh KA Argoparahyangan tujuan Bandung, KA Bima tujuan Surabaya Gubeng, dan KA Gajayana tujuan Malang.

Sementara untuk KA keberangkatan Stasiun Pasar Senen, untuk KA keberangkatan Kamis - Jumat pada 29-30 Maret 2018 hampir semua KA sudah mencapai 100 persen okupansinya. Kecuali KA Tawang Jaya tujuan Semarang Poncol, KA Serayu malam, KA Menoreh, dan KA Gumarang yang masih tersedia tiketnya. 

Data sisa tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik, karena sistem tiket online, pengguna jasa KA bisa melihat langsung melalui laman tiket.kereta-api.co.id dan KAI Access atau melalui chanel-chanel eksternal. Pastikan pemesanan tiket sesuai identitas bagi yang akan bepergian, dan jika identitas tidak sesuai maka tiket dinyatakan tidak berlaku.

Selain itu, pastikan jadwal keberangkatan dan tanggal keberangkatan KA dan pertimbangkan waktu tempuh perjalanan menuju stasiun keberangkatan KA. 

"Untuk kenyaman pengguna jasa KA, agar menghindari membeli tiket dari penawaran jasa perorangan yang akan merugikan konsumen, pastikan reservasi melalui agen atau chanel-chanel resmi yang bekerjasama dengan PT KAI," pesan Edy. (Yas)

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.