Sukses

5 Jenis Bisnis yang Bisa Dibangun Nyaris Tanpa Modal

Liputan6.com, Jakarta - Dengan perkembangan teknologi yang ada, membangun bisnis sendiri kini menjadi impian hampir setiap orang. Meski membangun bisnis tampak lebih mudah dengan bantuan teknologi yang semakin canggih, tetap saja banyak kendala yang harus dihadapi khususnya terkait persoalan modal.

Dilansir dari laman Enterpreneur.com, Senin (12/3/2018), tak jarang, sebagian orang memiliki banyak ide bisnis brilian untuk segera direalisasikan. Semangat pun sangat tinggi untuk mengeksekusi berbagai gagasan bisnis.

Sayangnya, persoalan modal seringkali memangkas habis semangat membangun bisnis dari kecil. Banyak orang berhenti mewujudkan impian suksesnya lantaran tak punya cukup uang untuk memulai.

Jangan patah semangat, berikut lima jenis bisnis yang dapat dibangun nyaris tanpa modal:

1. Karya pribadi

Bisnis yang satu ini mengandalkan kreativitas sebagai modal utama. Jika Anda pandai menggambar, Anda dapat mulai menjual lukisan melalui jejaring media sosial yang tersedia. Tak hanya itu, kerajinan tangan dari bahan bekas juga seringkali mampu mengundang banyak pembeli. Bisnis ini tak membutuhkan modal dalam jumlah besar, hanya tekad yang sangat kuat.

2. Menjual jasa

Menjual jasa tidak membutuhkan uang sama sekali sebagai modal. Anda hanya perlu memiliki keahlian khusus dan dapat dilakukan di lingkungan sekitar rumah. Anda dapat menjadi guru privat bagi anak-anak di sekolah dasar, menjadi pengasuh anak di sela waktu senggang dan menjadi guru melukis jika Anda memiliki keahlian menggambar. Jika dikelola dengan baik, bisnis ini dapat membesar dan Anda dapat merekrut orang lain di kemudian hari.

 

1 dari 3 halaman

3. Resale

Gagasan di balik bisnis resale (menjual dagangan orang) sangatlah sederhana. Anda menawarkan jasa menjual kembali produk-produk jualan orang lain. Para penjual seperti ini biasanya mendapatkan harga lebih murah karena mengambil barang untuk dijual kembali dan tidak dijadikan konsumsi sendiri.

Untuk menjadi reseller, Anda tak membutuhkan modal besar. Anda dituntut untuk rajin mengiklankan barang-barang tersebut dan mendapatkan keuntungan dari penjual utama. Dengan metode dagang seperti ini, Anda dapat memperoleh untung besar tanpa menjadi penjual utama.

4. Keahlian memperbaiki

Untuk memulai bisnis ini, Anda hanya perlu memiliki keahlian khusus dalam memperbaiki barang-barang rusak. Bisnis jenis ini dapat diawali tanpa modal dan tempat khusus.

Anda dapat menjajal keahlian ini dengan membantu para tetangga yang mengalami kerusakan peralatan rumah, misalnya. Setelah banyak yang mengetahui kemampuan Anda dan permintaan semakin banyak, mulailah tambah peralatan pribadi. Dengan begitu, ke depan Anda dapat membuat bisnis perbaikan yang jauh lebih menjanjikan.

 

2 dari 3 halaman

5. Jasa konslutasi

Banyak pegawai yang berpikir bahwa menjadi pengusaha sukses hanyalah bermodal kerja keras selama bertahun-tahun. Padahal, di balik itu semua seringkali para pengusaha sukses melibatkan jasa konsultasi untuk mengembangkan bisnisnya.

Konsultasi merupakan jasa yang tidak membutuhkan banyak uang untuk dimulai. Namun perlu banyak waktu untuk dibangun lantaran Anda harus meraih kepercayaan banyak konsumen. Karena pada dasarnya, setiap profesional dan pemilik start-up membutuhkan jasa konsultasi untuk membangun bisnisnya.

Artikel Selanjutnya
Mau Jualan Laris di Car Free Day? Ikuti Kiat Berikut
Artikel Selanjutnya
Cari Modal Usaha? Ini 5 Pilihan yang Bisa Kamu Coba