Sukses

Kalahkan AS, Ini Dia Negara Pencetak Milliarder Terbanyak di Dunia

Liputan6.com, Beijing - Tahun ini China kembali membuktikan kekuatan bisnisnya dengan menjadi negara pencetak miliarder terbanyak di dunia, mengungguli Amerika Serikat yang bertengger di urutan kedua.

Lembaga riset kekayaan global asal China, Hurun Research Institute mencatat China berhasil melahirkan sebanyak 819 miliarder yang masing-masing memiliki pendapatan di atas US$ 1 miliar.

Melansir laporan bertajuk Hurun Global Rich List 2018, Selasa (6/3/2018), AS tertinggal setelah hanya berhasil mencetak 571 miliarder saja. Selisih antara jumlah miliarder di China dan AS terbilang fantastis mengingat dua tahun lalu selisih kedua negara tersebut masih sangat tipis yakni 534 dan 535 saja.

"Para miliarder di China sedang mengalami periode kewirausahaan yang luar biasa. Negara tersebut bahkan berhasil menambah 210 miliarder hanya dalam waktu setahun," terang pimpinan penelitian Hurun Report, Rupert Hoogewerf.

Selain itu, meningkatnya performa ekonomi China dan melemahnya nilai tukar dolar telah menjadi bagian dari meningkatnya jumlah miliarder di seluruh dunia. Tahunn lalu, perekonomian dunia juga tercatat tumbuh sekitar tiga persen, angka tercepat sejak 2011 silam. Angka tersebut juga merupakan peningkatan pesat dari pertumbuhan ekonomi sebesar 2,4 persen di tahun sebelumnya.

Sementara itu, peningkatan jumlah miliarder secara signifikan juga tampak di India. Setelah menambah 31 miliarder ke dalam deretan orang terkaya dunia, India kini berhasil berada di posisi ketiga sebagai salah satu pencetak milliarder terbanyak di dunia.

India bahkan berhasil menggeser Jerman ke posisi kelima tahun ini. Di urutan keempat ada Inggris dengan jumlah 118 miliarder, disusul Jerman di posisi ke-5 dengan total 114 miliarder.

1 dari 2 halaman

Bill Gates

Tak kalah menarik, Hurun Global Rich List 2018 juga menunjukkan posisi Bill Gates yang tak lagi menjadi orang terkaya di dunia. Posisi Gates kini digeser pendiri Amazon Jeff Bezos yang mencatatkan namanya sebagai miliarder terkaya di dunia setelah nilai saham perusahaan meningkat tajam.

Harta Gates sebenarnya meningkat sebesar 11 persen sepanjang tahun saja. Namun ia memilih untuk  mendonasikan saham Microsoft senilai US$ 4,6 miliar ke yayasan miliknya.

Sekadar informasi, Hurun Research Report mengurutkan total kekayaan 2.694 miliarder dari 2.157 perusahaan di 68 negara. Laporan yang baru dirilis ini menyebutkan, total kekayaan seluruh orang terkaya dunia mencapai jumlah yang fantastis senilai US$ 10,5 triliun. Itu setara dengan 13,2 persen dari produk domestik bruto (PDB) global.

Artikel Selanjutnya
7 Rahasia Sukses Mark Zuckerberg yang Wajib Kamu Tiru
Artikel Selanjutnya
Tiap Minggu, 4 Miliarder Baru Lahir di China