Sukses

Catat, 7 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Dunia Kerja Saat Ini

Liputan6.com, Jakarta - Gaya pekerja saat ini memang tidak boleh disamakan dengan gaya pekerja sepuluh tahun yang lalu. Metode pelaksanaan kerja yang sudah berbeda secara tidak langsung membuahkan hasil yang berbeda pula. Dapat dikatakan kalau hasil kerja pada era ini jauh lebih baik berkat dukungan teknologi yang canggih.

Teknologi membawa banyak perubahan yang cukup signifikan. Perubahan ini juga mengubah cara pandang para pekerja dalam menyikapi dunia kerja. Lantas, seperti apa sebenarnya dunia kerja saat ini?

Berikut ini ulasannya, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Bekerja Keras

Saat memasuki dunia kerja, hidup terasa sedikit berbeda dari biasanya. Bekerja menjadi kegiatan yang paling membosankan. Walaupun begitu, kamu tidak boleh langsung menyerah. Ayo beradaptasi agar diri terbiasa dengan suasana kerja.

Bekerja keraslah karena masa depanmu ditentukan apa yang dilakukan saat ini. Jika kamu tidak kerja keras, bersiaplah untuk mengatakan selamat tinggal pada masa depan yang indah.

2. Sikap Profesional

Pekerja yang baik itu tidak selalu harus pintar, tapi juga harus profesional. Sikap profesional ditunjukkan dari keseharian di kantor. Secara tidak langsung, sikapmu dalam bekerja akan menunjukkan profesionalitas dirimu.

Kalau mau dianggap pekerja profesional, bekerjalah secara maksimal. Dapat menghargai waktu dan mengontrol emosi menjadi dua hal penting terkait profesionalitas.

1 dari 3 halaman

3. Open Minded

Nilai plus seorang pekerja akan bertambah jika kamu open minded atau berpikiran terbuka. Sikap ini ditunjukkan jelas dari cara pandang kamu mengenai suatu hal.

Orang yang open minded biasanya tidak menutup dirinya pada perubahan. Namun, berusaha untuk beradaptasi pada perubahan yang ada. Open minded juga ditunjukkan dari tingkat kepedulian pada lingkungan sekitar.

4. On Time

Mematuhi setiap peraturan di tempat kerja menjadi suatu keharusan. Misalnya, datang tepat pada waktunya. Banyak pekerja yang lalai dan mengabaikan poin yang ini. Sekilas memang terlihat sepele. Namun, poin ini sangat berpengaruh pada masa depanmu di dunia kerja nanti. (Baca Juga: Kanker Payudara, Ciri-Ciri Kanker Payudara, Gejala dan Penyebab Kanker Payudara)

Jika selama ini kamu sering datang terlambat, sekarang lakukan perubahan. Usahakan agar dirimu selalu on time. Singkirkan segala suatu yang menghambat dirimu dan datanglah tepat waktu. Atur jadwal yang baik dan bangun lebih cepat pada pagi hari agar kamu bisa on time setiap saat.

5. Integritas

Kejujuran merupakan poin yang harus dijunjung tinggi di dunia kerja. Perusahaan membutuhkan seseorang yang punya integritas tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan.

Namun, rasa bosan sering membuat kamu mengabaikan tugas dan loyalitas. Padahal, apa yang kamu lakukan untuk perusahaan akan berbuah manis jika hasilnya bagus.

2 dari 3 halaman

6. Social Life

Kehidupan sosialmu berubah drastis saat memasuki dunia kerja. Kamu yang dulunya bekerja secara individualis, kini harus mulai berbaur dalam kelompok. Tugas yang diberikan bos sering kali harus diselesaikan dalam tim. Sebab tugas tersebut memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Social life di kantor secara tidak langsung akan memengaruhi mind set kamu terhadap suatu hal. Kamu yang dulunya berpikir tradisional, kini akan lebih open minded dan profesional untuk menghadapi masalah.

7. Tidak Ada yang Instan

Hidup itu butuh proses, termasuk saat naik pangkat. Banyak pekerja pemula yang terlalu menggebu-gebu untuk menduduki jabatan yang tinggi. Padahal, kalau dilihat dari segi pengalaman, pekerja tersebut masih sangat dangkal dan belum siap.

Untuk menduduki jabatan tertentu di sebuah perusahaan, butuh waktu dan perjalanan yang panjang. Tidak mungkin dalam kurun waktu satu tahun saja, kamu bisa duduk di kursi manajer. Bersabar, kerja keras, dan lakukan yang terbaik. Ingat, tidak ada yang dicapai secara instan.

Bangun Sisi Positif Dalam Diri

Itulah hal-hal yang perlu kamu tahu tentang dunia kerja. Agar dirimu semakin kompeten dan sukses di dunia kerja, bangun sisi positif dalam diri. Jadikan dirimu lebih dibandingkan orang lain yang ada di sekitarmu.

Artikel Selanjutnya
Top 3: 15 Perusahaan Besar Buka Lowongan Kerja Terbaru pada Akhir Mei
Artikel Selanjutnya
Generasi Milenial Perlu Belajar Tiga Hal Ini dari Rekan Kerja Senior