Sukses

Lakukan 5 Hal Ini biar Dagangan Laris Manis

Liputan6.com, Jakarta Pemasaran merupakan elemen penting menjalankan sebuah bisnis. Banyak pelaku bisnis yang meluangkan waktunya untuk memikirkan metode pemasaran apa yang tepat agar barang yang dijualnya laku di pasaran.

Sukses tidaknya bisnis memang bergantung pada pemasaran. Jika ingin bisnis sukses, simak 5 hal penting yang kalau diterapkan setidaknya bisa mendatangkan konsumen, seperti mengutip Cermati.com, Minggu (14/1/2018):

1. Spesifikasi Produk

Spesifikasi produk merupakan poin penting sebelum menjual barang. Spesifikasi berisi informasi detail mengenai aspek dan bahan dalam pembuatan produk. Misalnya, kaus yang berbahan katun dan sebagainya.

Spesifikasi produk wajib disertakan pada kolom informasi produk. Tujuannya agar calon pembeli bisa membayangkan seperti apa produk yang akan dibelinya. Pembeli juga dapat mempertimbangkan antara harga dan kualitas produk. Apabila produk berkualitas, pembeli pasti tidak berkeberatan mengeluarkan uang yang banyak demi produk tersebut.

Adanya spesifikasi juga sebagai perbandingan antara produk yang Anda jual dan produk dari brand lain. Dengan demikian, pembeli juga bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan dari setiap produk.

(Baca Juga: Apply Kartu Kredit Sekarang atau Nanti? Inilah Jawabannya)

2. Segmentasi Pasar

Keadaan ekonomi sangat berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Konsumen yang berpenghasilan tinggi cenderung bersikap konsumtif dan tidak terlalu memedulikan harga barang. Asalkan barang tersebut berkualitas dan unik, harga bukanlah masalah.

Berbeda dengan konsumen yang berpenghasilan rendah, harga menjadi patokan saat memutuskan apakah melakukan pembelian atau tidak.

Selain keadaan ekonomi, faktor selera dan kebutuhan juga menjadi poin yang membedakan konsumen satu dan konsumen lainnya. Misalnya, busana formal lebih diminati pegawai kantoran dibanding wirausahawan.

Adanya segmentasi pasar akan membantu Anda untuk menargetkan kepada siapa produk tersebut harus dijual dan bagaimana cara agar informasi mengenai produk tersebut sampai ke konsumen.

3. Menentukan Target Pemasaran

Target pemasaran berkaitan dengan kepada siapa produk tersebut akan dijual. Sebelum menjual produk, ada baiknya jika pelaku bisnis mengamati budaya masyarakat saat membeli barang.

Pada poin ini, pelaku bisnis harus melakukan pengamatan langsung di lapangan. Kalau perlu, lakukan wawancara singkat dengan para konsumen.

Setelah Anda mendapatkan informasi mengenai target pemasaran secara lengkap, kini saatnya untuk beraksi.

Susunlah strategi apa yang harus ditetapkan agar produk tersebut laku dijual di pasaran. Kalau perlu, lakukan promosi secara bertubi-tubi dengan menempelkan brosur atau iklan di media sosial.

Keberhasilan bisnis juga diukur dari loyalitas konsumen untuk berbelanja di tempat Anda. Karena itu, pikirkanlah bagaimana cara untuk mencuri perhatian konsumen dan menjaga loyalitas mereka terhadap bisnis.

 

1 dari 2 halaman

Hal Lain

4. Tempat Pemasaran

Setelah mengetahui siapa yang menjadi sasaran penjualan, kini saatnya menentukan tempat pemasaran. Tempat pemasaran haruslah sesuai dengan target pemasaran.

Jika targetnya ibu-ibu, alangkah baiknya jika membuka tempat pemasaran dekat pasar. Kalau targetnya anak muda, alangkah baiknya dipasarkan di area sekitar kampus atau secara online.

Akan tetapi, menjual produk dengan menyewa toko memakan biaya yang lumayan besar. Modal yang dibutuhkan juga besar.

Ya, namanya usaha, kalau modalnya bisa sedikit kenapa tidak? Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa membuka bisnis toko berjalan yang metode pemasarannya menggunakan kendaraan, misalnya mobil.

Selain hemat, pemasarannya juga sangat efektif karena lokasi pasarnya tidak mentok hanya di satu tempat saja. Namun, dapat berpindah-pindah mengikuti arus pergerakan konsumen.

5. Promosi

Keempat poin di atas tentu akan sukses jika disertai dengan promosi yang tepat. Ada banyak media yang dapat difungsikan sebagai wadah untuk promosi. Misalnya, koran, majalah, televisi, radio, dan sosial media.

Media promosi melalui media elektronik dianggap sangat ampuh untuk menarik perhatian konsumen. Terutama saat ini, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di depan gadget untuk mengakses informasi dibandingkan mengamati langsung.

Adanya promosi juga membuat bisnis Anda terlihat lebih kompetitif. Usahakan untuk melakukan promosi yang menarik agar konsumen juga tertarik untuk melirik produk yang dijual.Lakukan dengan Tepat

Memasarkan produk kepada konsumen tidaklah mudah. Adanya pesaing membuat Anda harus benar-benar memikirkan pemasaran seperti apa yang harus dilakukan untuk menggaet konsumen. Karena itu, jangan pernah berhenti untuk belajar dan lakukan setiap metode pemasaran dengan tepat.

Artikel Selanjutnya
Mau Raup Untung Jutaan Rupiah di Bulan Ramadan? Lakukan Cara Ini!
Artikel Selanjutnya
Intip 6 Hal Unik yang Dicari Saat Belanja Online