Sukses

Jokowi: Tol Soroja Bandung Pangkas Waktu Perjalanan Jadi 12 Menit

Tol Soroja telah melalui uji kelayakan oleh Tim Laik Fungsi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja). Tol dengan total panjang 10,57 km ini menghubungkan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Jokowi mengatakan, tol ini mempercepat akses kedua wilayah. Tanpa tol, waktu tempuh untuk dua wilayah tersebut mencapai 1,5 jam.

"Dibukannya Tol Soroja, Soreang-Pasir Koja sepanjang 10 km ini, akses menuju Soreang yang biasanya ditempuh 1,5 jam sekarang bisa dipangkas hingga 12 menit," kata Jokowi di lokasi peresmian, Soreang Kabupaten Bandung, Senin (4/12/2017).

"Sekali lagi dari 1,5 jam menjadi 12 menit," tegas Jokowi.

Adanya tol ini, Jokowi meminta masyarakat di Kabupaten Bandung bersiap-siap. Menurutnya, akan terjadi percepatan di segala bidang. Tak sekadar itu, dia juga meminta masyarakat menyiapkan uang elektronik untuk transaksi.

"Bandung Selatan utamanya Kabupaten Bandung bersiaplah untuk mengalami percepatan di berbagai bidang. Dan jangan lupa bersiaplah juga dengan kartu e-toll karena semua pintunya dengan sistem elektronik," tutup Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lolos uji kelayakan

Tol Soroja telah melalui uji kelayakan oleh Tim Laik Fungsi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR), Kementerian Perhubungan, dan Korlantas pada 16-17 November 2017. Uji kelayakan tersebut meliputi uji layak fungsi dan uji layak operasi.

PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) selaku badan usaha jalan tol (BUJT) pemegang konsesi Tol Soroja dibentuk melalui konsorsium PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), PT Wijaya Karya Tbk, dan PT Jasa Sarana.

Lebih lanjut, CMLJ memulai groundbreaking Tol Soroja sejak September 2015. Tol ini memiliki total panjang 10,57 km yang terdiri dari jalan utama dan akses gerbang tersebut. Panjang jalan utama tol, yakni 8,15 km.

Tol Soroja terbagi dalam dua seksi. Seksi I yakni ruas Simpang Susun Pasirkoja–Simpang Susun Margaasih sepanjang 2,75 km.

Seksi II, yakni ruas Simpang Susun Margaasih–Simpang Susun Katapang sepanjang 3,3 km serta ruas Simpang Susun Katapang–Soreang 2,1 km.

Tol Soroja memiliki 5 gerbang yaitu Margaasih Barat, Margaasih Timur, Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur, dan Soreang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.