Sukses

4 Trik Rencanakan Uang Pensiun agar Tenang di Masa Tua

Semakin cepat Anda mulai memikirkan masa pensiun, semakin banyak pula tabungan yang pastinya akan terkumpul.

Liputan6.com, Jakarta - Masa pensiun adalah masa terpenting yang masuk dalam daftar penting semua orang. Besarnya pendapatan dan tabungan tentu saja akan memengaruhi nasib pensiun Anda di kemudian hari. Semakin cepat Anda mulai memikirkan masa pensiun, semakin banyak pula tabungan yang pastinya akan terkumpul.

Namun masa pensiun ini dianggap enteng oleh kebanyakan orang. Mereka beranggapan bahwa masa pensiun dipikirkan menjelang usia pensiun saja. Hingga akhirnya mereka kebablasan, dan masa tuanya menjadi suram.

Usia harapan hidup yang semakin singkat, membuat Anda perlu siap sedia sedini mungkin. Bagi Anda yang telah berpenghasilan tetap, ada baiknya untuk mulai menyisihkan uang untuk masa pensiun.

Dengan merencanakan keuangan sebaik mungkin, tujuan pensiun juga akan semakin matang. Sehingga masa tua dihabiskan dengan ketenteraman tanpa adanya penyesalan.

Agar tujuan pensiun tepat, Anda perlu melakukan langkah yang tepat. Sebelum memutuskan untuk pensiun, perhatikan beberapa hal penting. Apa saja hal penting tersebut? Simak ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Ketahui Jumlah Anggaran yang Dibutuhkan

Setiap orang memiliki gaya hidup yang berbeda, tak terkecuali ketika pensiun. Anda dapat memprediksi kapan memutuskan pensiun dan berapa lama menghabiskan umur di dunia ini.

Adanya perkiraan ini akan sangat membantu untuk mengetahui jumlah anggaran. Kebanyakan orang menghabiskan dana yang lebih banyak di masa pensiun dibandingkan di masa produktifnya.

Mengapa? Karena di usia tua, Anda butuh uang lebih untuk biaya kesehatan. Dikarenakan umur dan tenaga yang sudah mulai surut, sehingga harus rutin check up kesehatan ke dokter. Apalagi biaya check up juga terbilang mahal dewasa ini.

2. Ketahui Berapa Aset yang Dimiliki

Sudah berapa banyak aset yang dimiliki sampai sekarang? Berapakah nilainya secara total? Jika aset yang dimiliki dirasa belum cukup untuk menutupi semua pengeluaran di masa tua nanti, Anda harus lebih giat untuk menabung. Idealnya, Anda harus mulai mencoba untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan di hari tua.

Semakin cepat memulai, semakin besar pula jumlah yang akan didapatkan.Untuk menambah nilai aset, Anda juga dapat memulai untuk berinvestasi. Ada banyak produk investasi yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Baik di bidang properti, emas, valuta asing, deposito, maupun reksa dana.

Sesuaikan keadaan ekonomi dengan jenis investasi yang akan dipilih. Perhatikan juga bagaimana laju investasi tersebut di masa yang akan datang. Lebih baik memilih jenis investasi yang kebal terhadap laju inflasi. Properti dan emas merupakan pilihan investasi terbaik saat terjadinya inflasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Apa yang Akan Anda Lakukan Kelak?

Meskipun sudah pensiun, bukan berarti Anda harus berhenti berkarya. Selagi Anda masih hidup di dunia ini, teruslah berkarya menghasilkan yang terbaik. Saat memasuki usia pensiun, rancanglah kegiatan apa saja yang akan dilakukan sehari-hari. Entah itu berbisnis, mengurusi perusahaan, atau hanya berdiam diri di rumah?

Ketika Anda sudah berumur, tingkat emosional juga akan meningkat. Hal ini dikarenakan semuanya telah berubah. Yang dulunya sibuk pergi ke kantor setiap pagi, kini hanya berdiam diri di rumah.

Untuk mengurangi rasa gabut di usia pensiun, bekerjalah. Namun, jenis pekerjaan yang dilakukan tentu saja disesuaikan dengan tenaga dan umur. Jangan pernah nekat mengerjakan pekerjaan yang rumit dan berat.

Ingat, usia dan tenaga tidak sekuat di masa muda dulu. (Baca Juga: Apa yang Mesti Dipahami Sebelum Mengambil Asuransi Mobil?)

 

3 dari 3 halaman

4. Apakah Semuanya Sudah Cukup?

Agar tujuan pensiun berjalan seperti yang diharapkan, tentu saja Anda harus memperkirakan “apakah semuanya sudah cukup?” Perkiraan ini tentu saja menyangkut aset, usia, dan pekerjaan.

Jika merasa tabungan dan aset yang dimiliki belum cukup, Anda perlu bekerja lebih lama lagi. Semuanya dilakukan demi masa pensiun yang menyenangkan. Jika semuanya sudah cukup, pensiun sudah dapat diajukan. Perhitungkan hal ini dengan benar.

Lakukan Hal Bermanfaat di Masa Pensiun

Ketika pensiun, tidak banyak kegiatan yang dapat dilakukan. Dikarenakan masa kerja Anda telah selesai, Anda perlu melakukan hal yang bermanfaat untuk menunjang hidup selama masa tua nanti.

Lakukan kegiatan positif yang tentunya dapat menghasilkan pundi-pundi uang, seperti bisnis. Lagipula, siapa bilang pensiunan tidak dapat berbisnis? Selagi masih bisa, mengapa tidak demi tujuan pensiun yang terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.