Sukses

Daftar Terbaru Kota Paling Mahal di Dunia, Mana Saja?

Daftar ini menetapkan peringkat berdasarkan biaya membeli kebutuhan dasar di supermarket, toko kelas menengah maupun outlet khususs

Liputan6.com, New York - The Economist Intelligence Unit, Divisi Analisis dan Penelitian The Economist Group kembali mengeluarkan peringkat kota termahal di dunia. Dalam laporan bertajuk Worldwide Cost of Living 2017 itu, didapuk 10 kota yang paling mahal, lima di antaranya berada di Asia.

Peringkat teratas kembali ditempati oleh Singapura. Kota di negara Singa ini telah menempati posisi puncak selama empat tahun berturut-turut.

Seperti dilansir dari Eiu.com, Sabtu (11/11/2017) posisi kedua ditempati oleh Hong Kong, sementara Zurich yang berada di Swiss berada di urutas ketiga.

Meski menempati peringkat teratas, laporan itu menyebut bahwa Singapura masih menawarkan harga bersahabat untuk beberapa kategori, apabila dibandingkan dengan negara tetangga.

"Untuk kategori seperti bahan kebutuhan sehari-hari dan bantuan domestik, Singapura lebih murah dari kota-kota terdekatnya. Meski begitu, kota ini didapuk sebagai kota termahal untuk membeli mobil dan pakaian," tulis laporan EIU.

Kota Asia lain yang masuk dalam daftar adalah Seoul, Tokyo dan Osaka. Ketiga kota di Jepang ini dilaporkan memiliki harga yang sangat mahal untuk kebutuhan sehari-hari.

Berbelanja kebutuhan sehari-hari di sini bisa setengah kali lebih mahal dibanding New York.

Studi ini menetapkan peringkat berdasarkan, biaya membeli kebutuhan dasar di supermarket, toko kelas menengah maupun outlet khusus.

Faktor lain yang ikut dipertimbangkan mengacu pada harga makanan, minuman, pakaian, biaya rekreasi dan hiburan serta pembelian kendaraan dan biaya transportasi (termasuk bensin).

Kemudian biaya sewa rumah, tagihan listrik, sekolah dan pembantu rumah tangga. Ini juga memperhitungkan kondisi nilai tukar masing-masing mata uang di negara-negara tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar lengkap

Berikut daftar lengkap kota termahal di dunia tahun 2017 versi riset EIU:

1. Singapura, Singapura (skor: 120 )

2. Hong Kong, Hong Kong (skor: 114 )

3. Zurich, Swiss (skor: 113 )

4. Tokyo, Jepang (skor: 110 )

5. Osaka, Jepang (skor: 109 )

6. Seoul, Korea Selatan(skor: 108 )

7. Jenewa, Swiss (skor: 107 )

8. Paris, Prancis(skor: 107 )

9. New York, Amerika Serikat (skor: 100 )

10. Copenhagen, Denmark (skor: 100 )

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini