Sukses

Begini Cara Tolak Tawaran Kerja yang Sopan

Tidak jarang, banyak orang menolak tawaran kerja karena tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan tawaran kerja memang membuat senang. Namun, terkadang tawaran yang diberikan perusahaan tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan atau di luar ekspektasi.

Bisa saja terjadi Anda ditawarkan posisi yang tidak pernah Anda inginkan dan beberapa poin pertimbangan lainnya seperti gaji, jam kerja, lingkungan kerja, fasilitas yang didapatkan, dan lainnya.

Tentunya akan banyak pertimbangan saat Anda untuk mengambil keputusan tersebut. Dan tidak jarang, banyak orang yang menolak tawaran tersebut karena tidak sesuai dengan yang diinginkan. Dalam menolak tawaran pekerjaan dari perusahaan pun juga harus sopan agar tidak menghancurkan image Anda.

Berikut ini tata cara menolak tawaran pekerjaan dengan sopan seperti Karir.com:

1.  Segera beri tahu jawaban Anda

Meski jawaban Anda sudah jelas ingin menolak tawaran pekerjaan tersebut, sebaiknya segera beri tau kepada HRD di perusahaan yang bersangkutan dan jangan sampai membuatnya terlalu lama menunggu.

Sebab, dengan memberi tau jawaban dengan secepatnya, Anda telah menghargai tawaran kerja yang telah diberikan oleh perusahaan. Dan perusahaan bisa mencari kandidat lain untuk mengisi posisi tersebut dengan segera.  

2.  Sampaikan alasan Anda menolak perusahaan dengan jujur

Menolak tawaran pekerjaan sudah menjadi hak Anda. Maka, Anda tidak perlu ragu atau sungkan untuk menyampaikan alasan kenapa Anda menolak tawaran tersebut. Sampaikan alasan yang jujur kepada pihak perusahaan dan jangan berbelit-belit.

Misal, sudah mendapatkan pekerjaan baru, atau gaji dan fasilitas yang diberikan perusahaan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Sebab, perusahaan akan lebih bisa menerima alasan yang jelas, maka perusahaan tidak akan bertanya-tanya mengapa Anda menolak tawaran kerja tersebut. 

3.   Jangan pernah lupa ucapkan “Terima kasih”

Meskipun tawaran kerja yang diberikan oleh perusahaan tersebut jauh dari apa yang Anda harapkan dan tidak sesuai keinginan, tetaplah ucapkan kata terima kasih atas kesempatan yang telah mereka berikan kepada Anda.

Dengan mengucapkan terima kasih, Anda telah menghargai atas waktu yang telak mereka keluarkan untuk meng-interview Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini