Sukses

Ketahui 4 Hal Ini Sebelum Investasikan Uang Pensiun

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk mencari tahu di mana menempatkan dana pensiun Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Mempersiapkan dana pensiun lebih cepat lebih baik. Simpanlah uang di tabungan pensiun, atau jika Anda ingin uang pensiun Anda berlipat ganda maka berinvestasilah.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk mencari tahu di mana menempatkan dana pensiun Anda. Anda akan bijaksana untuk mempertimbangkan semuanya sebelum mengambil keputusan seperti dikutip dari Belajar.me:

1. Menetapkan Harapan Realistis tentang Hasil Pasar Investasi

Anda mengembangkan apa yang disebut model alokasi aset yang memberi tau Anda tentang berapa banyak uang pensiun Anda seharusnya berada dalam saham versus obligasi.

Anda melihat pengembalian historis dan risiko yang terkait dengan model alokasi aset Anda, dan jumlah uang yang Anda butuhkan untuk menarik diri setiap tahun. Anda kemudian menyeimbangkan akun Anda secara reguler dan tetap berpegang pada rencana investasi jangka panjang Anda.

Anda harus mengembangkan harapan yang realistis bahwa beberapa tahun Anda akan memiliki hasil yang lebih baik daripada tahun-tahun lainnya, dan melihat investasi pensiun Anda selama masa hidup Anda, tidak dalam tiga bulan atau satu tahun ke depan.

2. Terima Trade-off

Semua orang menginginkan investasi yang sempurna; Sesuatu yang aman, yang menghasilkan pendapatan tetap dan akan tumbuh nilainya dari waktu ke waktu. Investasi semacam itu tidak ada. Ajarkan diri Anda pada dasar-dasar investasi untuk memahami trade-off yang harus Anda terima saat berinvestasi.

Anda dapat memasukkan uang pensiun Anda ke investasi yang aman dan menerima tingkat pengembalian yang dijamin namun lebih rendah yang mereka tawarkan. Atau Anda dapat memilih untuk mengambil tingkat risiko investasi yang diketahui dan membangun portofolio yang menawarkan kemungkinan menghasilkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi daripada yang dapat diberikan oleh investasi yang aman.

Portofolio terdiversifikasi memiliki beberapa investasi yang aman, beberapa di antaranya dirancang untuk menghasilkan pendapatan, dan beberapa di antaranya akan tumbuh untuk menghasilkan pendapatan sepuluh sampai lima belas tahun di jalan.

3. Belajar dan Dapatkan Saran

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebelum memutuskan untuk memasukkan uang pensiun Anda adalah dengan mencari nasihat profesional. Anda bisa melakukan ini dengan membaca buku tentang investasi sehingga Anda memahami konsep investasi dasar, atau berlangganan majalah keuangan dan membaca semua artikel selama satu tahun.

Anda juga dapat menonton kelas investasi online di YouTube, atau melihat-lihat kelas komunitas mana yang mungkin ditawarkan di pusat komunitas. Jika Anda lebih suka mendelegasikan, kemudian mewawancarai beberapa penasihat keuangan dan mencari seseorang yang bersedia mendidik Anda sambil juga menyediakan layanan perencanaan dan investasi.

Simak video menarik di bawah ini:

Selanjutnya



4. Hindari Kesalahan Besar

Orang membuat kesalahan dengan uang pensiun mereka karena keserakahan atau ketidaktahuan. Keserakahan terjadi saat Anda melihat investasi yang menurut Anda akan menghasilkan laba di atas rata-rata.

Ketidaktahuan adalah faktor ketika Anda tidak tahu apa adanya dan tidak mungkin dilakukan. Hal ini memudahkan seseorang untuk membujuk Anda menjadi sesuatu yang bukan pilihan yang tepat untuk Anda.

Bila Anda memahami bagaimana investasi bekerja, Anda tahu bahwa jumlah pengembalian rata-rata di atas tidak mungkin dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Jika kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, menjauhlah. Seiring Anda mendekati penghentian, menghindari kesalahan besar lebih penting daripada menemukan hasil investasi yang besar.

5. Buat Rencana Jangka Panjang, dan Ikuti Ini

Membuat rencana membantu Anda membuat keputusan cerdas tentang bagaimana berinvestasi. Ini bukan lagi tentang berapa banyak yang bisa Anda kumpulkan; Sebagai gantinya, ini adalah tentang memberikan gaji pensiun bulanan yang dapat diandalkan. Berinvestasi untuk pendapatan berbeda, dan pendekatan Anda perlu diubah.

Keputusan pensiun adalah keputusan finansial terbesar dalam hidup Anda - lebih besar daripada membeli rumah dan jauh lebih besar daripada membeli mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.