Sukses

NASA Buka Lowongan Penjaga Bumi Bergaji Rp 2,5 Miliar, Minat?

NASA menawarkan gaji sebesar US$ 187 ribu atau Rp 2,5 miliar per tahun apabila kandidat diterima bekerja disini.

Liputan6.com, New York - Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) tengah membuka lowongan kerja untuk menjadi sosok pelindung bumi. Kandidat yang terpilih nantinya bertugas untuk mempertahankan Bumi dari kontaminasi makhluk angkasa luar atau alien.

Posisi yang diberi nama petugas pelindung planet itu diiklankan dengan tawaran yang menggiurkan. NASA menawarkan gaji sebesar US$ 187 ribu atau Rp 2,5 miliar per tahun apabila kandidat diterima bekerja disini.

"Petugas perlindungan planet bekerja memastikan agar konstituen organik dan kontaminasi biologis dari manusia atau wahana eksplorasi angkasa tak mencemari planet-planet, termasuk Bumi," demikian isi iklan lowongan pekerjaan tersebut seperti dilansir dari Independent.co.uk, Kamis (3/8/2017).

Tapi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pelamar apabila ingin bekerja di posisi ini. Kandidat harus memiliki pengalaman minimal satu tahun sebagai pegawai negeri di level atas dan memiliki kemampuan ilmu fisika tingkat lanjut.

Lebih dari itu, kandidat juga harus memiliki kemampuan diplomasi di situasi sulit. Mereka yang menguasai matematika, ilmu teknik hingga pengetahuan soal perlindungan planet juga memiliki kesempatan lebih besar untuk diterima.

Beberapa tugas yang akan dilakukan kandidat apabila diterima antara lain, bekerja melindungi Bumi dari potensi kontaminasi dari planet lain, hingga memeriksa robot dan wahana antariksa tidak tercemar kontaminan luar angkasa.

Staf baru ini kemungkinan besar akan menjadi bagian dari misi ekspedisi NASA ke Europa, salah satu bulan planet Jupiter.

Mantan petugas pelindung bumi NASA Catherine Conley menjelaskan, berdasarkan kesepakatan tahun 1967, setiap misi ke angkasa luar harus dipastikan memiliki kurang dari satu per 10 ribu peluang terkontaminasi benda asing luar angkasa.

Untuk itu, posisi pekerjaan ini sangatlah penting. Sayangnya, lowongan kerja ini hanya terbuka khusus bagi warga negara Amerika Serikat.

Simak video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.