Sukses

Kepercayaan ke Pemerintah Tertinggi di Dunia, Ini Kata Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja kabinetnya selama hampir 3 tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja kabinetnya selama hampir 3 tahun terakhir. Karena hal itu, survei Gallup World Poll menempatkan Indonesia di peringkat pertama dalam hal tingkat kepercayaan masyarakat pada pemerintah atau Trust and Confidence in National Government.

‎"Saya ingin memberikan apresiasi, penghargaan yang tinggi kepada seluruh kementerian, Kemenko, dan lembaga-lembaga yang terkait dengan ini, atas hasil terakhir. Survei-survei sebelumnya juga mengatakan hal yang sama," ujar dia di Istana Negara, Senin (24/7/2017).

Menurut Jokowi, hasil survei ini melengkapi hasil survei-survei sebelumnya seperti Standard and Poor's (S&P) dan lain-lain yang juga memberikan penilai positif terhadap Indonesia.

"Ini adalah sebuah survei yang mempunyai kredibilitas yang sangat tinggi dan ini internasional yaitu Gallup World Poll, yang menempatkan negara kita, Indonesia pada peringkat pertama sebagai negara yang pemerintahnya dipercaya oleh masyarakat," lanjut dia.

Jokowi menyatakan, hasil survei ini sangat penting dan sangat mendasar bagi pemerintah dalam bekerja. Sebab, kepercayaan dari masyarakat merupakan modal dasar bagi pemerintah dalam bekerja.

"Ini hal yang sangat penting, sangat mendasar sekali dalam kita bekerja. Kalau dipercaya oleh rakyat itu bekerja akan lebih mudah. Peluang dan momentum seperti ini harus betul-betul kita gunakan dalam memutuskan hal yang sulit. Kalau sudah dipercaya, yang sulit menjadi lebih mudah. Tahapan-tahapan komunikasi kepada masyarakat harus terus dilakukan," jelas dia.

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi kinerja kementerian dan lembaga negara yang telah memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. Hal tersebut dinilai menjadi dasar dari hasil survei ini.

"Sekali lagi saya mengapresiasi kepada kementerian-kementerian dan lembaga yang telah menjalankan pelayanan publiknya secara efektif, merespon secara cepat keluhan-keluhan yang ada, ini dalam rangka melindungi masyarakat," ungkap dia.‎

Jokowi menjelaskan, dalam survei Gallup ini, Indonesia berhasil mengungguli negara-negara lain. Bahkan Jokowi mengaku kaget Indonesia bisa unggul dalam hal ini atas negara-negara seperti Swiss, India, Kanada dan Rusia.

"Urutan negara yang menduduki peringkat 5 teratas survei Gallup tadi, Indonesia, kemudian Swiss, India, Luxemburg, Norwegia, diikuti oleh Kanada, Rusia, Turki, Selandia Baru dan Irlandia," kata dia.

Meski demikian, Jokowi juga menyayangkan soal pemberitaan yang dinilai kurang maksimal akan capaian ini. Jokowi membandingkan, media India mempublikasikan hasil survei ini secara besar-besaran meski Negeri Bollywood tersebut hanya menempati peringkat ke-3 dan kalah dari Indonesia.

‎"Tapi berada pada puncak kepercayaan di atas negara-negara lain merupakan suatu kepercayaan rakyat kepada pemerintah yang sangat besar sekali. Yang saya lihat, yang nomor tiga, India saja semua koran itu keluar semuanya. Di India itu keluar semuanya. Tapi kita nomor satu tidak ada yang keluar. Tapi enggak apa-apa, ini sebuah anu untuk kita, yang akan memacu kita semuanya untuk memperbaiki," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.