Sukses

Ini Terobosan Baru ASDP buat Hadapi Mudik Lebaran 2017

Terobosan ini pertama kali dilakukan demi mengurangi kepadatan yang terjadi saat puncak arus mudik.

Liputan6.com, Jakarta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memiliki beberapa terobosan dalam menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2017, terutama di Pelabuhan Merak, Banten. Pelabuhan penyeberangan ini menjadi yang terpadat di Indonesia.

Direktur Utama ASDP, Faik Fahmi, mengaku terobosan ini pertama kali dilakukan demi mengurangi kepadatan yang terjadi saat puncak-puncak arus mudik yang diperkirakan akan terjadi pada H-3 dan H-2 lebaran.

Pertama, ASDP akan mengoperasikan kapal-kapal besar disesuaikan dengan kondisi kepadatan pelabuhan‎.

"Salah satu terobosan yang kita lakukan tahun ini adalah dengan mengoperasikan kapal-kapal dengan ukuran lebih besar. Kalau pas puncaknya kita kerahkan kapal-kapal besar ini, jadi efektif," kata Faik saat berbincang dengan wartawan seperti ditulis, Rabu (14/6/2017).

Dengan cara itu, diharapkan antrian-antrian yang terjadi untuk memasuki pelabuhan dapat terurai. Kapal-kapal besar yang akan dioperasikan ASDP demi ‎melayani mudik tahun ini semuanya memiliki ukuran di atas 5000 Gross Ton (GT).

Kedua, ASDP mulai 1 Juni 2017 telah mengenalkan layanan pemesanan baru dengan sistem online. Sistem ini diklaim lebih mempermudah para calon penumpang dapat mendapatkan tiket.

Ada beberapa keuntungan penerapan penjualan tiket secara online tersebut. Selain mampu mengurangi antrean tiket di pelabuhan, juga bisa memecah kedatangan para pemudik ke pelabuhan.

"Jadi dengan sudah melakukan pembelian online ini, para calon penumpang bisa memperkirakan kapan berangkat ke pelabuhan, tidak semuanya datang satu waktu, jadi pelabuhan itu padat," ia menerangkan.

 

Simak video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.