Sukses

7 Langkah Persiapan Mudik dan Liburan dengan Mobil Pribadi

Sebentar lagi waktu mudik dan libur panjang tiba.

Liputan6.com, Jakarta - Sebentar lagi waktu mudik dan libur panjang tiba. Jika kamu menggunakan kendaraan atau mobil pribadi untuk menuju kampung halaman, sebaiknya kamu memastikan kondisi kendaraan pribadi dalam keadaan prima.

Jangan sampai rencana untuk berlebaran berubah menjadi duka berkepanjangan hanya karena kamu tidak mempersiapkan kondisi kendaraan sebelum berangkat.

Berikut ini beberapa langkah yang wajib kamu lakukan untuk persiapan mudik dengan memakai kendaraan pribadi, seperti dikutip dari Halomoney:

1. Memeriksa Ruang mesin

Nyalakan mesin dan dengarkan suaranya apakah berjalan dengan normal atau tidak. Pastikan juga mengecek minyak rem, minyak kopling, air radiator, aki, oli mesin serta air wiper terisi sesuai dengan takarannya.

Jika kamu masih awam untuk mengeceknya sendiri, kamu bisa datang ke bengkel yang kamu percayai.

2. Periksa lampu mobil

Caranya nyalakan lampu mobil dan lihat kondisinya. Kamu perlu melihat kondisi lampu depan mobil, lampu rem yang ada di belakang, lampu sein dan cek bagian soket pada bagian lampu depannya.

3. Pastikan wiper mobil masih bagus

Pastikan wiper mobil masih berfungsi dengan sempurna. Jangan lupa memastikan bagian karet wiper masih bagus dan mampu membersihkan dengan cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ban tidak botak

4. Pastikan ban tidak botak

Kamu harus melihat bagian tapak dan kembang ban apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Jangan segan untuk mengganti ban yang sudah botak agar perjalananmu nyaman dan jauh dari kecelakaan akibat kondisi ban buruk. Dan pastikan tekanan angin ban sesuai dengan anjuran pabrikan sekitar 32 atau 35.

5. Perangkat pendukung mobil

Jangan lupa membawa perangkat pendukung seperti dongkrak, ban serep, kotak P3K serta alat darurat lainnya. Perangkat tersebut sangat dibutuhkan saat kendaraan Anda mengalami masalah sehingga harus ada di dalam mobil.

3 dari 3 halaman

Cek AC

6.  Cek AC

Pastikan perangkat AC mobil berfungsi dengan baik dan juga jangan lupa mengecek semua panel pada dashboard serta tombol-tombol pada kabin berfungsi normal.

7. Cek seluruhan

Agar lebih yakin, jangan lupa untuk mengetes mobil agar bisa merasakan respon mobil baik setir, ban, suspensi. Apabila ada yang kurang meyakinkan, sebaiknya ditanyakan kepada bengkel terpercaya dan pastikan dalam kondisi baik.

Itulah beberapa hal yang wajib kamu lakukan sebelum kamu memakai kendaraan pribadi untuk mudik atau liburan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.