Sukses

Layanan Ro-Ro Davao-Bitung Bangun Konektivitas

Peresmian layanan pelayaran Ro-Ro Davao Bitung diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal.

Liputan6.com, Jakarta - Mengakhiri lawatannya ke Filipina, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte Minggu pagi (30/4/2017) meresmikan layanan kapal Ro-Ro Davao-General Santos-Bitung di Kudos Port, Davao, Filipina.

"Kami akan secara resmi meluncurkan jalur pelayaran Roro-Davao-General Santos-Bitung di Davao, sebuah elemen penting dalam pembangunan konektivitas ASEAN," ujar Presiden Jokowi, di Istana Malacanang, Manila, dikutip dari laman Setkab.

Peresmian layanan pelayaran ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal dalam memajukan sub kawasan, baik dari aspek konektivitas, perdagangan, hingga people to people contact antara Indonesia-Filipina maupun ASEAN.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Sumadi menuturkan, saat ini pelayanan kapal  Ro-Ro baru menghubungkan Indonesia dan Filipina.

Namun akan dikembangkan sehingga menghubungkan wilayah dari negara ASEAN lain sehingga mendukung konektivitas ASEAN.

Dalam penerbangan menuju Davao, Presiden Jokowi juga didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Duta Besar Indonesia untuk Filipina Johny Lumintang.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.