Sukses

Kemenperin Bakal Bikin 34 Purwarupa Mobil Pedesaan

Untuk Agustus 2017 ditargetkan akan diluncurkan satu‎ prototipe mobil pedesaan yang sudah layak untuk diproduksi secara massal.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berencana untuk membuat 34 purwarupa (prototipe) mobil pedesaan. Nantinya 34 prototipe tersebut akan menyesuaikan kebutuhan sektor pertanian pada masing-masing daerah.

Direktur Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, masing-masing provinsi di Indonesia akan mendapatkan satu prototipe mobil pedesaan. Dengan demikian masing-masing provinsi bisa menggerakkan industrinya untuk membuat kendaraan itu dijual kepada petani.

"Bisa apa aja prototipe itu. Akan bikin 34 prototipe. 34 itu nanti di-share ke 34 provinsi mobil pedesaan. Tiap provinsi dapat satu untuk diuji coba," ujar dia di Kantor Kemenperin, Jakarta (3/2/2017).

Menurut Gati, prototipe tersebut akan diberikan secara gratis. Namun untuk produksi massal akan diserahkan ke industri atau produsen yang mampu membuatnya.

"Ke depannya tergantung kebutuhan desa tersebut. Ke depan tidak mungkin dong anggaran dari Kementerian Perindustrian. Kementerian Desa kan juga ada anggaran. Tapi sementara kita menyusun prototipe dulu," kata dia.

Sementara untuk Agustus 2017 ditargetkan akan diluncurkan satu‎ prototipe mobil pedesaan yang sudah layak untuk diproduksi secara massal. Untuk prototipe selanjutnya akan menyusul mengikuti antusias dari masyarakat.

"Syukur-syukur Agustus jadi 34. Paling jelas target kita Agustus sudah ada, minimal satu. Kita uji publik dulu. kalau produksinya kalau bisa bulan depan (setelah diluncurkan), bulan depan lagi. Agustus tahun ini harus jadi prototipe. Paling tidak satu dulu. Habis itu kita bikin 34," tandas dia.

(Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini