Sukses

Makin Kaya Gunakan Bonus Akhir Tahun dengan Cara Ini

Saat akhir tahun menjadi hal-hal yang paling ditunggu karyawan karena biasanya perusahaan akan memberi bonus.

Liputan6.com, Jakarta - Saat akhir tahun menjadi hal-hal yang paling ditunggu karyawan karena biasanya perusahaan akan memberi bonus.
Bonus ini akan sangat berguna jika digunakan secara tepat, bahkan bisa memperbaiki kondisi keuangan Anda.

Tapi seringkali bonus dipergunakan untuk menyenangkan diri sendiri. Tidak salah sebenarnya, asal masih berada di dalam koridor tepat. Anda yang ingin makin kaya di tahun 2017 sebaiknya gunakan bonus akhir tahun untuk hal-hal berikut seperti dikutip dari CekAja.com:

Membayar utang

Kalau Anda masih punya cicilan kendaraan, tagihan kartu kredit, atau pinjaman pada teman yang belum dibayar, gunakan bonus akhir tahun untuk melunasinya. Pastinya melegakan jika memulai 2017 dalam status terbebas dari segala macam utang. (Baca juga: Merasa Gagal di Tahun 2016? Ini Caranya Agar Kamu Tidak Mengulang Resolusi Hidupmu)

Menabung pensiun

Kalau selama ini Anda selalu ragu memulai menabung untuk pensiun karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sudah pas-pasan, gunakankah bonus akhir tahun.

Semakin dini Anda menabung, semakin matang persiapan dalam menghadapi pensiun. Anda tidak perlu khawatir meski saat tua tidak lagi bekerja.

Renovasi rumah

Banyak orang menghabiskan bonus akhir tahun untuk bersenang-senang atau liburan untuk menghilangkan penat selama setahun bekerja. Tidak ada yang salah. Tapi kalau Anda masih bisa liburan dan bersenang-senang dengan budget murah, kenapa tidak? Gunakan sebagian bonus tahunan untuk merenovasi rumah.

Menambahkan fitur rumah atau melakukan beberapa perbaikan selain dapat meningkatkan kualitas hidup juga meningkatkan nilai jual rumah. Rumah mungkin salah satu aset terbesar Anda. Jika suatu saat Anda ingin menjualnya, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asuransi

Membeli asuransi

Tagihan rumah sakit yang mahal di saat Anda terbaring di rumah sakit sungguh membuat hati tidak tenang. Beli ‘ketenangan’ ini dengan membeli asuransi kesehatan.

Membeli asuransi kesehatan memungkinkan Anda untuk mengumpulkan dana darurat, karena Anda tidak perlu dipusingkan dengan biaya saat jatuh sakit. Membeli asuransi kesehatan bisa jadi keputusan paling penting dan paling menguntungkan yang pernah Anda buat.

Diserfikasi

Jangan hanya berinvestasi, tapi Anda juga harus melakukan melakukan diserfikasi. Diserfikasi adalah menempatkan dana atau aset investasi ke dalam beberapa instrumen yang berbeda dengan mempertimbangkan potensi return, risiko, serta likuiditasnya.

Selain menghindarkan Anda dari konsumtif, Anda akan semakin kaya jika investasi tersebut memberikan imbal hasil yang tinggi di masa depan. (Baca juga: Mau Karier Kamu Mengkilap di Tahun 2017? Ini Resolusi yang Harus Dibuat)

Menraktir diri sendiri

Bukan berarti menjadi kaku dengan aturan-aturan yang sudah disebutkan di atas. Bagaimanapun juga, hidup harus dinikmati. Anda bisa menikmati sepertiga dari bonus yang diterima. Menikmati sedikit bonus sama pentingnya dengan menabung.

Kuncinya adalah bijak dan jangan banyak melakukan pembelian impulsif yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Bijak dengan bonus akhir tahun membuat uang Anda tidak hilang dalam sekejap, tapi terus tumbuh dan membuat Anda makin kaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini