Sukses

E-Warong Non Tunai Kini Berdiri di Wamena Papua

Pembukaan e-Warong bertujuan membuka jalur penyaluran bantuan sosial atau subsidi secara non tunai secara digital dari pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Sosial, PT Bank Negara Indonesia (Tbk) atau BNI dan Badan Usaha Logistik (Bulog) membuka Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Elektronik Program Keluarga Harapan (e-Warong KUBE PKH) Non Tunai pertama di Wamena, Papua.

Pembukaan e-Warong bertujuan membuka jalur penyaluran bantuan sosial atau subsidi secara non tunai secara digital dari pemerintah pusat di Jakarta ke penerima manfaat di Papua.

Dengan penyaluran secara digital, maka bantuan sosial atau subsidi akan dapat didistribusikan secara lebih tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu.

"Untuk menjaga agar keterlibatan masyarakat Papua tetap tinggi terhadap e-Warong KUBE PKH ini, turut diajak Lembaga Mayarakat Adat (LMA) Papua dalam mengoperasikannya," ujar Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (18/12/2016).

Hadir pada peresmian yangn berlangsung Rabu kemarin, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Staf Khusus Kepresidenan Lenis Kogoya,

Adi Sulistyowati mengaku pihaknya sangat siap menyalurkan Bantuan Sosial atau Subsidi secara nontunai karena BNI telah menyiapkan Program Penyaluran Bansos Non Tunai PKH sejak awal.

Sebelumnya, BNI telah mengujicoba Program Penyaluran Bansos Non Tunai PKH di beberapa kota di Jawa dan hasilnya memuaskan.

Uji coba tersebut dilaksanakan dalam kerangka pengembangan e-Warong KUBE PKH Non Tunai antara lain di Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Surabaya, DKI Jakarta, Solo, Boyolali, Semarang, Bogor, Kulon Progo, Kota Yogyakarta, Bandung, Kediri, Probolinggo, dan Pasuruan.

BNI kemudian bersama Kementerian Sosial mulai memperluas cakupannya ke luar Jawa, yaitu di Denpasar.

Pada kesempatan ini sempat diujicoba transaksi pembelian bahan kebutuhan pokok yang disediakan di e-Warong KUBE PKH Non Tunai oleh masyarakat penerima manfaat dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Pembelian ini dilakukan pada tingkat harga khusus karena e-Warong KUBE PKH Non Tunai juga berstatus sebagai Rumah Pangan Kita, program penyaluran subsidi pangan yang dilakukan Bulog.

Seperti e-Warong KUBE PKH Non Tunai lainnya di daerah lain, e-Warong KUBE PKH Non Tunai Wamena juga berstatus sebagai Agen 46 BNI.

Perluasan e-Warong KUBE PKH Non Tunai hingga ke Papua ini akan turut mendorong program inklusi dan literasi keuangan pada masyarakat Wamena dan sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini