Sukses

Riset: Wanita yang Senang Dandan Bisa Lebih Cepat Kaya

Daya tarik penampilan merupakan faktor penting yang mendukung kesuksesan kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan yang menarik ternyata bisa membuat seseorang mendulang penghasilan lebih besar di pekerjaan. Hasil riset yang dilakukan oleh sosiolog Jacyln Wong dari University of Chicago dan Andrew Penner dari University of California memperlihatkan, daya tarik penampilan merupakan faktor penting yang mendukung kesuksesan pekerjaan seseorang di usia 24 hingga 32 tahun.

Melansir Huffingtonpost.com, Rabu (7/12/2016), daya tarik penampilan bisa memberikan pengaruh yang berbeda pada pekerja pria dan wanita. Riset menyebutkan, wanita yang peduli akan penampilannya bisa mendapat keuntungan dalam pekerjaan lebih banyak dibanding rekan kerja lainnya.

Wanita yang peduli penampilan dapat lebih mudah mendapat pekerjaan, mendapat penilaian kinerja lebih baik hingga mudah untuk dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi. Wong dan Penner juga mengatakan, pekerja yang atraktif tidak selamanya harus memiliki fisik yang menarik.

Status tinggi dalam pekerjaan dan tingginya gaji yang didapat berkorelasi positif pada banyaknya waktu yang dihabiskan untuk menunjang penampilan. Dengan kata lain, orang yang senang berdandan lebih mudah mendapat karier yang ia dambakan.

"Walau penampilan dan perawatan tubuh kini menjadi semakin penting bagi pria, hal ini masih menjadi faktor yang sering dipertimbangkan dan membuat wanita lebih mudah berhasil dalam pekerjaan," tulis riset tersebut.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Daniel S Hamermesh dari University of Texas-Austin, Amerika Serikat. Dalam buku yang ditulisnya, ia menyebut bahwa orang berwajah menarik lebih bahagia, mendapatkan uang banyak, mudah memperoleh pinjaman dengan bunga rendah dan menikah dengan lawan jenis yang juga menarik serta memiliki pasangan berpendidikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini