Sukses

Harga Emas Tergelincir Prediksi Kenaikan Suku Bunga The Fed

Data ekonomi AS yang positif baru-baru ini telah membantu mengangkat dolar namun menekan harga emas.

Liputan6.com, New York - Harga emas beringsut lebih rendah seiring menguatnya dolar AS yang mencapai posisi tertingginya dalam hampir 14 tahun. 

Penguatan dolar terpicu data ekonomi AS yang positif yang kemudian meningkatkan harapan jika Federal Reserve akan menaikkan suku bunganya pada bulan Desember.

Melansir laman Reuters, Jumat (25/2/2016), harga Spot emas turun 0,4 persen menjadi US$ 1.183,20 per ounce. Harga sempat lebih rendah 2 persen di sesi sebelumnya dan menyentuh posisi terendah sejak 8 Februari di level US$ 1.180,99 per ounce.

Sementara harga emas berjangka AS susut sebesar 0,4 persen menjadi US$ 1.183,20 per ounce. Di sisi lain, Bursa AS tutup terkait momen hari libur Thanksgiving.


Harga emas di pasar spot telah turun hampir 12 persen dari posisi tingginya di US$ 1.337,40 pada  9 November, saat Donald Trump diumumkan sebagai Presiden terpilih AS.

Para pembuat kebijakan Fed tampak percaya diri pada malam pemilihan presiden AS bahwa ekonomi sedang menguat dan cukup untuk menjamin kenaikan suku bunga.

"Harapan bahwa pemilu Trump akan menyebabkan periode risiko-off lagi di pasar keuangan segera disusul oleh persepsi bahwa ia akan mampu mendorong pertumbuhan dan inflasi yang akan disertai dengan kenaikan suku bunga, yang mengangkat skenario bearish untuk emas, "kata analis Julius Baer Carsten Menke.

Dia melanjutkan, setidaknya dalam jangka pendek akan ada beberapa konsolidasi dalam dolar dan hasil Treasury AS. Kondisi ini dinilai sesuatu yang bisa mendukung emas. "Namun, risiko besar akan terus menjual kepemilikan fisik emas," jelas dia.

Indeks dolar AS naik ke posisi tertinggi dalam hampir 14 tahun, terdorong data yang menunjukkan pesanan baru untuk barang-barang AS modal manufaktur rebound pada bulan Oktober.

Data ekonomi AS yang positif baru-baru ini telah membantu mengangkat dolar namun menekan harga emas.

Di sisi lain, impor emas kepada konsumen China melalui Hong Kong naik 15,8 persen pada bulan Oktober ke level tertinggi dalam tiga bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini