Sukses

Tips Mengatur Konsumsi Makanan yang Sehat dan Hemat

Ikuti 15 cara di bawah ini untuk bisa mengatur makanan dengan lebih baik dan tidak terjebak pola hidup boros

Liputan6.com, Jakarta Makan adalah kebutuhan setiap manusia. Tanpa makan, seseorang tidak akan mendapatkan tenaga untuk menjalankan aktivitasnya. Akibatnya sepanjang hari tubuh bisa lemas tak berdaya.

Selain sebagai pemberi tenaga, makan juga bisa memberikan efek kesehatan terhadap tubuh. Mengonsumsi makanan sehat akan berdampak baik, begitu pula sebaliknya.

Sebab itu mengonsumsi makanan sehat tentu sangat penting, namun harus tetap disesuaikan dengan anggaran.

Ikuti 15 cara di bawah ini untuk bisa mengatur makanan dengan lebih baik dan tidak terjebak pola hidup boros, seperti mengutip Cermati.com, Minggu (13/11/2016):

1. Buat rencana konsumsi bulanan

Membuat rencana tidak hanya untuk liburan saja, tapi makan juga memerlukan satu rancangan. Dengan membuat rencana tentang makanan yang dikonsumsi dalam 1 minggu bahkan 1 bulan ke depan, maka Anda bisa lebih sehat sekaligus hemat.

2. Susun daftar pangan sesuai kebutuhan

Anda bisa menyusun daftar makanan yang sering tidak habis dimakan. Jenis-jenis makanan ini sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi agar lebih hemat.

3. Memasak dalam jumlah besar dan makan sisanya di jam makan berikutnya

Dengan memasak dalam jumlah besar untuk makan dalam 1 hari, Anda bisa menghemat tenaga, waktu, gas dan minyak goreng. Selain itu bisa menghindari diri dari memesan makan dari luar.

4. Bawa gambar isi kulkas beserta pendinginnya saat belanja

Meskipun terkesan aneh, namun cara ini bisa membantu anda memperkirakan kapasitas isi kulkas, sehingga bisa membeli bahan pangan secukupnya.

Hal ini untuk menghindari terjadinya kapasitas kulkas yang berlebihan dan menyebabkan pengeluaran menjadi lebih banyak.

5. Beli makanan sesuai musim

5. Beli makanan sesuai musim

Bahan makanan yang sedang musim, pasti akan lebih murah karena stoknya yang melimpah.

6. Tidak membeli banyak daging

Harga daging di pasaran memiliki kecenderungan untuk naik, terlebih jika menjelang hari raya atau hari-hari besar lain. Hindari terlalu banyak konsumsi daging dengan sedikit membelinya.

7. Memasak sendiri daripada ke restoran

Nongkrong bareng teman tidak selamanya harus keluar. Anda juga bisa mengajak teman berkumpul di rumah, dengan menyiapkan makanan sendiri, tentu akan lebih seru dan hemat.

8. Imbangi makanan dengan banyak minum air

Jika Anda sudah makan besar namun masih merasa ingin mengemil, maka siasati dengan banyak minum air putih. Sebab selain akan membuat kenyang, tubuh juga menjadi lebih sehat.

9. Makan malam dengan piring yang lebih kecil

9. Makan malam dengan piring yang lebih kecil

Cara ini akan membuat berat badan turun, sekaligus menghemat pengeluaran.

10. Belajar membuat roti

Membuat roti bisa membuat Anda tetap beraktivitas di dalam rumah. Selain menghemat biaya, tubuh juga menjadi lebih sehat.

11. Membeli camilan kacang kering

Kacang-kacangan dipercaya memiliki banyak khasiat kesehatan untuk tubuh, seperti menurunkan resiko jantung dan menyeimbangkan gula darah. Dengan harganya yang murah Anda bisa menyimpan kacang cukup banyak di kulkas.

12. Prioritaskan habiskan stok makanan yang mau kedaluarsa

Aturlah makanan yang ada di dengan menerapkan jenis makanan yang mendekati tanggal kedaluarsa. 

Taruh produk tersebut di posisi paling teratas, agar bisa Anda gunakan secepatnya. Buanglah makanan yang sudah lewat tanggal kedaluarsa.

13. Hindari makan dalam kondisi terburu-buru

13. Hindari makan dalam kondisi terburu-buru

Makan dengan lebih perlahan akan membantu mencerna lebih baik. Jangan buru-buru dalam mengonsumsi makanan, karena akan menjadikan kerja organ pencernaan menjadi berat dan cenderung menimbulkan penumpukan lemak.

14. Daftar ulang stok di dapur

Dengan memeriksa dan mendata ulang makanan di dapur, Anda akan mudah mengontrol stok makanan bulanan yang tersisa dan prediksi kebutuhan bulan berikutnya.

Dengan cara seperti ini Anda bisa hemat dan tidak kelebihan stok lagi. Manfaat lain adalah jika menemukan pangan yang sudah kadaluarsa, Anda bisa segera membuangnya.

15. Puasa secara teratur

Puasa Ramadhan adalah ibadah wajib bagi umat islam. Banyak yang sudah tahu bahwa puasa bisa menyehatkan badan. Kerjakanlah puasa, agar tubuh lebih sehat dan fit.

Di luar puasa ramadhan, ada puasa-puasa sunnah yang bisa dilakukan yakni puasa senin-kamis dan puasa lainnya.(Nrm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini