Sukses

Ingin Beli Mobil? Simak Dulu Tips Ini

Berikut sejumlah tips untuk membantu Anda dalam mencari mobil.

Liputan6.com, Jakarta -- Memiliki mobil impian dan bisa membelinya mungkin sudah Anda pikirkan dan akan terwujud dalam waktu dekat, tapi ada baiknya Anda ikuti tips berguna berikut ini sebelum Anda membeli agar terhindar dari pengalaman buruk.

Dilansir dari situs advertiser.ie, St Anthony & Claddagh Credit Union seperti ditulis Kamis (13/10/2016) membagi beberapa tips sederhana untuk membantu Anda dalam mencari mobil:

1. Mulailah berpikir dan tanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan seperti: Berapa anggaran Anda untuk membeli? Berapa biaya saat menjalankan mobil ini dalam hal pajak mobil, asuransi, dan konsumsi bahan bakarnya? Berapa banyak mobil ini akan terdepresiasi?

2. Jangan pernah membeli mobil tanpa melihatnya terlebih dahulu atau cek mobil yang akan dibeli dengan ahlinya.

3. Lihat katalog dengan detail dan jika ada nama dan nomor kontak sales, silakan hubungi untuk verifikasi lanjut.

4. Harga di dealer mungkin lebih tinggi dari pemilik langsung, namun ada beberapa keuntungan saat membeli di dealer, misalnya servis berkala kendaraan baru, perpanjangan garansi dan tambahan layanan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingat Salesman Bekerja Berdasarkan Komisi

5. Pembelian mobil lelang di online seperti eBay saat ini memang lebih populer. Akan tetapi membeli lewat lelang biasanya beresiko lebih besar, karena pembeli tidak bisa melihat mobil yang ditawar.

6. Selalu ingat salesman selalu bekerja berdasarkan komisi, sehingga mereka akan memberi harga tinggi untuk setiap mobil yang dijual, jadi Anda harus selalu bisa melakukan tawar menawar dengan mereka.

7. Jangan periksa kendaraan yang akan dibeli saat malam hari atau saat cuaca hujan, karena Anda tidak bisa melihat goresan dalam keadaan tersebut. Goresan bisa terlihat saat kondisi mobil kering.

8. Beranikan diri Anda untuk melihat di bawah kap mesin.
 
9. Jangan pernah memberi rincian akun bank jika Anda tidak yakin. Jika sudah dilakukan dan reservasi, hubungi bak Anda segera. (Dhita K/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini