Sukses

Luhut Minta Pertamina Terus Lanjutkan Program B20

Luhut mengaku telah memanggil PT Pertamina (persero) selaku pihak yang melaksanakan program tersebut,

Liputan6.com, Jakarta Pelaksana tugas Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Panjaitan menegaskan program campuran biodiesel pada solar sebanyak 20 persen (B20) harus tetap berjalan.

Luhut mengaku telah memanggil PT Pertamina (persero) selaku pihak yang melaksanakan program tersebut, dalam pertemuannya memerintahkan agar Pertamina tetap menjalankan program B‎20.

"Kemarin saya panggil Pertamina, eh kau jangan macam-macam. Saya bilang, sekali pemerintah mengeluarkan Keppres, kamu harus menghormati itu Keppres. kalau enggak pilihannya dua, saya coret atau kau berhenti," kata Luhut, usai menghadiri ‎Forum Ketahanan Energi Nasional, di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Menurut Luhut, pelaksanaan program B20 membawa banyak manfaat seperti meningkatkan harga, sehingga berdampak pada kesejahteraan petani dan pendapatan negara. Selain itu, di sisi lain juga baik untuk lingkungan, karena gas buang kendaraan menjadi lebih rendah.

"Ini kalau kita kerjakan dengan benar, dampak ekonomi akan bagus," ujar Luhut.

Luhut mengungkapkan, Indonesia merupakan salah satu produsen ‎terbesar kelapa sawit, karena perlu dimanfaatkan melalui program campuran biodiesel dengan solar.

‎"Karena ini dampaknya besar, dan kita tidak manage selama ini. kalau harganya kita sudah naik," tutup Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang dihasilkan dari bahan alami yang terbarukan, seperti minyak nabati dan hewani.

    Biodiesel

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo
    Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo

    Luhut Binsar Pandjaitan

  • bbn

Video Terkini