Sukses

Menhub Budi Karya Ingin Buat Kereta Turis Setara Hotel Bintang 4

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke provinsi DI Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke provinsi DI Yogyakarta. Di sana, salah satu yang dilakukan Budi adalah melihat moda transportasi kereta api.

Dalam kunjungannya, Budi berencana membuat kereta api kelas turis untuk mendukung moda transportasi darat itu menjadi andalan. Nantinya, fasilitas lengkap bak hotel berbintang akan tersedia di moda transportasi ini.

"Kami ingin merancang satu gerbong atau rangkaian yang kelasnya turis, karena turis ingin suatu kenyamanan yang lebih, privasi yang lebih, dan jika itu terjadi, kereta api bisa jadi unggulan," ujarnya saat berkunjung di Stasiun Yogyakarta, Sabtu (6/8/2016).

Dia menuturkan, beberapa fasilitas kereta kelas turis, antara lain, kamar mandi kering, tisu, dan pramugari serta pramugara yang menarik. Budi membayangkan, kereta kelas turis setara dengan hotel bintang 4.

Meskipun demikian, Budi masih harus mengadakan riset terlebih dulu, mengingat penumpang terdiri dari beberapa strata. "Paling banyak kelas C dan D, sebagian B, dan ada yang A, turis bisa masuk kelas A," ucapnya. Riset yang dilakukan, tuturnya, akan menemukan formulasi kereta umum, medium, dan turis yang pas.

Budi menambahkan selain untuk pelayanan, kereta api kelas juga dimaksudkan untuk subsidi silang kereta lain. Ia berharap angkutan di Jawa bisa membiayai diri sendiri.

"Indonesia luas jadi kami juga ingin memberikan perhatian ke pulau lain," ucapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.